Pelantikan LK-KBM 2020/2021: Zamannya Kolaborasi, Bukan Kompetisi

Fotografer: Ferry Shendy

Pelantikan LK-KBM 2020/2021: Zamannya Kolaborasi, Bukan Kompetisi

Oleh : Thalia Angelica

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Pelantikan Lembaga Kemahasiswaan Keluarga Besar Mahasiswa (LK-KBM) 2020/2021 Universitas Kristen (UK) Petra dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini diadakan pada Jumat (04/09/2020) melalui media Zoom dan disiarkan secara live melalui kanal Youtube Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Tepat pukul 18.00, acara dimulai dengan doa, Praise and Worship, serta renungan singkat. Kegiatan kemudian dipandu oleh Marcel Joelnetan dan Jennifer Averina selaku Master of Ceremony (MC). Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Thio Kris Patrio selaku ketua panitia. Thio menuturkan bahwa Pelantikan LK-KBM tahun ini mengambil tema “Serve to Impact-Together”. Tema ini mengangkat pentingnya kolaborasi antar-LK untuk memberi dampak yang baik bagi lingkungan internal maupun eksternal.

Selanjutnya, Ricky Ciputra selaku ketua BEM periode 2020/2021 dan Jennifer Alicia selaku ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) 2020/2021 juga turut menyampaikan sambutan mereka. “Akan ada tantangan baru, tetapi kita juga harus siap dengan solusi-solusi baru di tengah kondisi yang serba extraordinary,” ujar Ricky.

Proses pelantikan resmi dimulai oleh R. Arja Angka A.A.A. Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Lalu dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari berbagai LK yakni BEM, MPM, Pers Mahasiswa (PERSMA), Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMA). Hal ini menandakan berakhirnya masa jabatan LK periode 2019/2020 sekaligus dimulainya masa jabatan LK periode 2020/2021.

Tak hanya itu saja, Emmanuela Oktafiyeni Baik, S.Pd. juga menceritakan pengalamannya selama menjabat sebagai ketua Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Petra (POKJAGUDATRA) periode 2017/2018. “Kolaborasi artinya kerja sama. Kerja sama berarti antar individu atau antar lembaga. Jadi kalau misalnya nggak ada kerja sama nih antar individu atau lembaga, itu namanya bukan kolaborasi,” tutur Emmanuela. Ia juga mengajak para fungsionaris LK untuk merefleksikan tujuan dan dampak yang ingin diberikan. Para fungsionaris kemudian dibagi ke dalam breakout room sesuai dengan masing-masing LK. Meskipun hanya dapat dilakukan secara daring, fungsionaris periode lama dan baru tetap mengikuti kegiatan dengan antusias.

Pada penghujung acara, panitia menampilkan video kesan dan pesan ketua LK periode 2019/2020. Mereka menghimbau fungsionaris LK periode 2020/2021 untuk terus semangat melayani dan mengemban tugas. Bagaimana sobat GENTA? Sudah siap memulai awal yang baru? Jangan biarkan pandemi menghalangi kita untuk saling berproses dan berkolaborasi. Selamat dan semangat selalu!

Tagged with:     ,

About the author /


Avatar