Panjatkan Doa untuk Negeri Tercinta

Fotografer : Theofilus N

Panjatkan Doa untuk Negeri Tercinta

Oleh : Eunike Jeannyfer Caroline

Senin (17/10/2020) merupakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-75. Tentunya, hal ini merupakan suatu kebanggaan dan layak untuk disyukuri. Melalui acara doa bersama dengan tema “Doa untuk Indonesiaku”, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Pelayanan Mahasiswa (PELMA) Universitas Kristen (UK) Petra mengajak dosen dan mahasiswa untuk berdoa bagi Indonesia. Sama halnya ketika seseorang menaikkan doa saat merayakan ulang tahun, demikian juga yang dilakukan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI. Acara doa yang dilakukan melalui Google Meet tersebut dimulai pada pukul 18.00 WIB.

Acara doa bersama dipandu oleh dua mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), yaitu Dorkas Mala Kadiwanu dan Yunita Rambu Mina Gaungu. Sebuah pertanyaan singkat mengenai arti kemerdekaan mengawali acara tersebut. Kemudian para peserta diajak untuk menyanyikan lagu “Indonesia bagi Kemuliaan-Mu” yang dipimpin oleh Wulan Ayu Purnama S. Ada tujuh pokok doa yang dinaikkan pada acara doa ini. Tidak hanya untuk mensyukuri kemerdekaan, namun juga berdoa bagi kemajuan Indonesia ke depannya. Selain itu, ada juga pokok doa agar Indonesia segera pulih dari permasalahan akibat Covid-19. Setiap pokok doa dinaikkan oleh mahasiswa dan ditutup oleh Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku rektor UK Petra.

Melalui acara ini, dosen dan mahasiswa berkesempatan untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI bersama-sama melalui doa. Meskipun secara daring, pandemi Covid-19 tidak mengurangi makna dari acara ini. Selain itu, adanya doa bersama juga menandakan bahwa mahasiswa memiliki cinta untuk negeri ini. Acara doa ditutup dengan foto bersama untuk mengabadikan momen berharga tersebut.

Bagaimana dengan Sobat GENTA? Apa yang kalian lakukan untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI? Apapun itu, ada baiknya untuk kita tetap berdoa kepada Tuhan atas Indonesia dan bagi Indonesia karena doa memiliki kuasa yang besar. Seperti yang tertulis dalam Yakobus 5:16, “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.”. Dirgahayu Indonesiaku!

About the author /


Avatar