Opening Ceremony WGG 2020 : Foresee the Forthcoming Eclipse

Fotografer : Nicholas Abdiel

Opening Ceremony WGG 2020 : Foresee the Forthcoming Eclipse

Oleh : Eunike Jeannyfer Caroline

Welcome Grateful Generation (WGG) merupakan acara tahunan Universitas Kristen (UK) Petra yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara WGG 2020 dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini dibuka dengan Opening Ceremony pada Senin (27/7/2019) melalui Youtube Premiere dengan tema “Foresee the Forthcoming Eclipse”. Alasan di balik tema tersebut adalah karena pada siklus gerhana keempat, kegelapan sudah tidak ada dan semuanya baik-baik saja. Sedangkan kata “foresee” sendiri dapat diartikan menyadari/mengetahui sebelumnya. Harapannya, seluruh mahasiswa yang mengikuti Opening Ceremony dapat mengatasi fase kegelapan di dalam hidup yang mungkin tidak disadari, serta dapat mengetahui langkah mereka di masa depan.

WGG 2020 juga mengangkat sebuah tema besar “Fearless to Dream, Fear Not with God” yang mengandung esensi ajakan kepada setiap mahasiswa untuk tidak takut bermimpi karena Tuhan selalu menyertai. Acara opening diawali dengan praise and worship lalu dilanjutkan dengan renungan yang disampaikan oleh Samuel Soegiarto, S.Th., M.Th., melalui sebuah drama. Pada kesempatan ini, Richardo Caprianto, selaku ketua WGG 2020 memberikan sambutan kepada setiap mahasiswa baru. “Online bukan alasan untuk bermalas-malasan, namun buktikan bahwa kita bisa”, ujar Richardo.

Tidak hanya sambutan dari ketua WGG, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku Rektor UK Petra juga memberikan sambutan untuk menyapa mahasiswa baru sebagai anggota dari keluarga besar UK Petra atau yang disebut petranesian. Djawantoro berharap, setelah berproses dan lulus dari UK Petra, mahasiswa dapat menjadi digital leaders yang memimpin era digital dengan tangguh dan takut akan Tuhan.

Sebelum acara berakhir, mahasiswa baru mendapatkan penjelasan dari divisi acara mengenai rangkaian kegiatan selama WGG dan rally game. Jika dilihat dari kolom chat youtube yang ramai, menandakan bahwa peserta dan panitia tetap antusias mengikuti opening meskipun secara daring. 

Yuk semangat jalani WGG tahun ini! Jangan jadikan online sebagai halangan untuk berproses. Kita tidak bisa menghindar dari metode work from home, tetapi kita bisa menentukan langkah untuk mengatasi kondisi tersebut. Semangat sobat GENTA! 

About the author /


Avatar