Kuasai Strategi Komunikasi Melalui SCAN 2020

Fotografer: Ferry Shendy

Kuasai Strategi Komunikasi Melalui SCAN 2020

Oleh: Nathania Grace

PRIOR Team Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen (UK) Petra menyelenggarakan workshop bertajuk Strategic Communication in Action (SCAN) 2020 pada Senin (16/11/2020). Acara dimulai pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB melalui Zoom. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian acara SCAN yang telah berlangsung sejak Kamis (26/10/2020). SCAN 2020 membahas teknik copywriting untuk branding, teknik editing poster dengan Adobe Photoshop, digital event management dan teknik penulisan proposal sponsorship. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan skill peserta dalam strategi komunikasi. SCAN 2020 mengundang Johan Alvin Khosuma, Tito Sigilipoe, Jojo S. Nugroho, dan Jainul Huda sebagai pembicara dalam talkshow.

Pada sesi talkshow, Jainul mengungkapkan, sponsorship sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Sponsorship yang berkualitas dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Contohnya, perusahaan dapat mengenalkan produk lebih dalam dan menambah minat media massa untuk bekerjasama. 

Jainul menegaskan, salah satu hal penting dalam penulisan proposal sponsorship adalah target. Pembuatan proposal tak hanya sekedar lembaran kertas saja. Baginya, proposal haruslah menarik, kreatif dan tipis. Selain itu, bagaimana kita menjelaskan proposal sangatlah penting. Menurut Jainul, kita harus pandai berkomunikasi dengan jelas dan kreatif agar dapat menarik minat perusahaan.

Setelah talkshow berakhir, peserta diminta mengerjakan proposal sponsorship yang akan dikumpulkan pada Senin (23/11/2020). Tujuannya, peserta dapat menguasai kriteria pembuatan proposal yang menarik, kreatif, singkat dan jelas. Selama pengerjaan proposal, peserta mendapat sesi mentoring melalui kelompok WhatsApp bersama dengan Jainul.

Hard skill merupakan hal yang penting dalam bekerja. Namun, Sobat GENTA juga harus melatih, mengasah dan meningkatkan soft skill agar mendapatkan hasil yang terbaik. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan komunikasi yang dapat memperluas koneksi kita. Yuk, asah kemampuanmu!

About the author /


Avatar