HUT GENTA ke-57: Mulai Berkarya, Siapa Takut?

Fotografer: Agnes Elvania

HUT GENTA ke-57: Mulai berkarya, Siapa Takut?

Oleh: Nathania Grace 

Pers Mahasiswa (Persma) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan webinar sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) GENTA ke-57 pada Sabtu (27/3/2021). Acara ini merupakan kelanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) yang telah dilakukan pada Sabtu (20/3/2021) dengan tema ”Generasi Muda Berkarya” (GEMA). Webinar berlangsung pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB melalui Zoom. Mengangkat tema “Courage to Create”, webinar ini membahas kiat cara membangun potensi generasi muda dalam berkarya di media digital. Harapannya, generasi muda lebih berani bersuara, berkarya, dan berdampak bagi lingkungan melalui media digital.

Nicholas Abdiel selaku Ketua HUT GENTA ke-57 dan Clarisa Michelle Eugenia selaku Pimpinan Umum (PU) Persma periode 2020/2021, membuka acara dengan sambutan kepada seluruh peserta. Nicholas mengatakan, kegiatan pengmas mengangkat tema “GEMA” karena kerinduannya untuk mahasiswa dapat aktif berkarya melalui karya tulis. Sedangkan, tema webinar “Courage to Create” memiliki harapan agar mahasiswa memiliki keberanian untuk mulai berkarya. Clarisa berharap, GENTA dan sivitas UK Petra dapat lebih semangat dalam berkarya dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Desi Yoanita, S.Sos., M.Med.Kom., selaku Pembina Persma UK Petra dan Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra turut mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-57 kepada GENTA. Desi dan Arja berharap, GENTA dapat menjadi media yang semakin berkembang dan berinovasi dalam menghasilkan karya yang menarik.

Acara dilanjutkan dengan webinar yang menghadirkan Akhyari Hananto selaku founder Good News From Indonesia (GNFI). Akhyari menyampaikan, dalam berkarya melalui media digital terdapat framing, political aligning, cherry picking, dan toxic netizen. Hal tersebut menyebabkan generasi muda takut untuk memulai dan menyuarakan karyanya ke publik. Ia menegaskan, pembuatan konten harus menggunakan ide baru, unik, dan kreatif misalnya dengan cara brainstorming. Konten tersebut diharapkan dapat membuat publik tercengang dan tertarik. “Something that people leave a thought,” ujarnya.

Sebelum acara berakhir, panitia menayangkan video cuplikan kegiatan pengmas yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, ada juga video ucapan dari beberapa PU periode sebelumnya dan fungsionaris Persma UK Petra periode 2020/2021.

Nah Sobat GENTA, jangan takut untuk memulai dan menyuarakan karya kita kepada dunia. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita terus berkreasi dan berdampak bagi Indonesia. Yuk, mulai berkarya dan berikan yang terbaik kepada dunia. Selamat ulang tahun, GENTA!

About the author /


Avatar