Bridge Competition 2021: Persiapkan Siswa SMA Bangun Jembatan Rangka

Fotografer : Nicholas Abdiel

Bridge Competition 2021: Persiapkan Siswa SMA Bangun Jembatan Rangka

Oleh : Eunike Jeannyfer Caroline

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Petra (HIMASITRA) mengadakan workshop Bridge Competition (BC) dan rally games pada Sabtu (27/3/2021). BC merupakan salah satu bidang perlombaan dari kompetisi tahunan Petra Civil Expo (PCE). Mengangkat tema “Freeway: A Bridge to Build a Bridge”, acara ini diharapkan dapat menjadi jembatan ilmu bagi peserta untuk membuat jembatan sesungguhnya. Workshop ini menghadirkan Ir. Jimmy Chandra S.T., M.Eng., Ph.D., IPM dosen pada Program Studi Teknik Sipil UK Petra sebagai pembicara.

Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan kalimat pembuka oleh Master of Ceremony (MC). Jimmy mengawali presentasi dengan menjelaskan bidang yang dipelajari dan prospek kerja prodi teknik sipil. Ia juga menyebutkan beberapa tipe jembatan, yaitu jembatan balok, jembatan busur, jembatan rangka, jembatan gantung, dan jembatan kabel pancang. Workshop ini banyak membahas mengenai tipe jembatan rangka karena akan digunakan untuk perlombaan. Selanjutnya, Jimmy menjelaskan komponen dari jembatan rangka agar dapat menjadi jembatan yang stabil dan kuat.

Sebelum membangun jembatan, kontraktor jembatan perlu memperhatikan batang tekan dan batang tarik yang akan digunakan. Agar dapat membangun jembatan yang efisien, Jimmy memberikan tips untuk memperbanyak batang tarik, memperkuat batang tekan, dan memiliki sambungan yang kuat. Sebaiknya, penggunaan batang tarik juga tidak terlalu panjang agar dapat menahan tegangan yang tinggi. Tidak hanya memberikan tips, Jimmy juga menjelaskan tahap pembangunan jembatan mulai dari menentukan panjang jembatan hingga tahap pengecekan. Ia turut menyertakan rumus dan cara menghitung yang dibutuhkan untuk membangun jembatan. 

Selanjutnya, peserta mendapat kesempatan untuk bertanya seputar pembangunan jembatan kepada pembicara. Sebagai penutup dari sesi pembicara, Jimmy berkomentar terhadap desain jembatan salah satu kelompok yang beruntung. Berakhirnya acara workshop ditandai dengan penyerahan plakat oleh Christopher Felix selaku ketua panitia dan foto bersama. Peserta diberi istirahat selama lima menit sebelum melanjutkan sesi rally game

Dalam rally game, peserta diminta untuk membangun infrastruktur kota yang telah disediakan melalui website. Peserta harus mengumpulkan bridge money pada mini gim yang diadakan melalui Zoom. Bridge money tersebut kemudian digunakan untuk membeli material yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur kota. 

Setiap dari kita pasti pernah melewati sebuah jembatan. Ternyata, diperlukan perhitungan yang tepat agar jembatan dapat berdiri kokoh hingga puluhan tahun. Kontraktor jembatan harus teliti dan memperhatikan secara detail. Jadi Sobat GENTA, yuk kita belajar teliti terhadap segala hal sekalipun terlihat kecil. Firman Tuhan dalam Lukas 16:10 juga mengatakan, “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar”. Semangat, Sobat GENTA! 

About the author /


Avatar