Business Talk IBE: Mendalami Karier Seorang Data Engineer

Fotografer: Nicholas Abdiel

Business Talk IBE: Mendalami Karier Seorang Data Engineer

Oleh: Thalia Angelica

Program International Business Engineering (IBE) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan webinar pada Jumat (26/03/2021). Webinar ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Business Talk. Membawakan tema “Data Engineering and Career Growth in Tech”, webinar ini bertujuan untuk mengenalkan peserta mengenai profesi dan jenjang karier seorang data engineering. Kegiatan berlangsung secara daring melalui Zoom dan diikuti lebih dari 250 peserta.

Acara diawali dengan sambutan oleh Indriati Bisono selaku Ketua Program IBE dan Stefanus Vincent selaku Ketua Acara. Setelah itu, Master of Ceremony (MC) menyambut Harijanto Soewandi selaku moderator dan Doris Yu selaku pembicara. Sesi dibuka dengan gambaran secara umum mulai dari definisi hingga tugas dari seorang data engineer. Ia juga memaparkan kemampuan-kemampuan yang diperlukan, seperti penguasaan di ranah programming; Structured Query Language (SQL); Extract, Transform, and Load (ETL); serta teknik pemodelan data. Perempuan yang berprofesi sebagai data engineer di Facebook ini menceritakan salah satu proyek permintaan kliennya, yaitu YouTube Connector. Hasil proyeknya ini memudahkan penyimpanan dan visualisasi data statistik dari YouTube.

Tidak hanya itu, Doris juga membagikan pengalamannya berprofesi sebagai seorang data engineer dalam bidang industri. Menurut Doris, data engineering bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu dan pembelajaran. Ia membagikan tips-tips berkarir sebagai data engineer antara lain, bertanggung jawab atas pertumbuhan karir pribadi, mengutamakan pentingnya komunikasi, dan berpikiran terbuka. “You’re transforming data but by the end of the day, data needs to be consumed and digested,” pesan Doris. Doris berpendapat, seorang data engineer juga harus memahami akar masalah yang sedang diselesaikan dan tidak hanya mengolah data semata. 

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan kuis melalui Kahoot. Kuis ini mengukur pemahaman peserta mengenai materi yang telah disampaikan oleh Doris selama webinar. Ketiga pemenang dari kuis ini pun memperoleh hadiah berupa saldo OVO.

Bukanlah hal yang mudah untuk menggeluti suatu bidang tertentu, termasuk data engineering. Sebagai salah satu pekerjaan yang paling diincar di abad ke-21, berprofesi sebagai data engineer membutuhkan kemampuan dan kerja keras. Melalui pengalaman Doris, kita dapat belajar untuk mempersiapkan diri dalam meraih pekerjaan impian kita. Siapkah Sobat GENTA mengembangkan karir di bidang masing-masing? Terus berjuang dan jangan patah semangat, ya!

About the author /


Avatar