UFO 2020: Langkah Kecil Menuju Kontribusi

Fotografer: Natania Grace

UFO 2020: Langkah Kecil Menuju Kontribusi

Oleh: Manuela Octaviani

Sabtu (29/2/2020) hingga Minggu (1/3/2020), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra dan Universitas Surabaya (UBAYA) mengadakan acara pengabdian masyarakat (pengmas) yaitu United for Others (UFO). Untuk tahun ini mengusung tema “Let’s Act! Simple ACTion, Big ImpACT!” Jemima Stefani, mahasiswa UBAYA program studi Akutansi angkatan 2018 yang juga sebagai ketua umum menyampaikan makna dari tema tersebut. “Simple act big impact memiliki makna bahwa sekecil apapun yang kita lakukan itu bisa berdampak besar bagi orang lain. Kita tidak harus berkorban sangat besar, tetapi dengan apa yang kita punya dan miliki, kita bisa membantu orang lain,” ucap Jemima.

Tahun ini, UFO terdiri dari dua kegiatan. Hari pertama, dilakukan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat atas pentingnya menjaga lingkungan. Kemudian mahasiswa membuat mural sebagai pengingat atau motivasi agar masyarakat terus peduli terhadap masalah yang terjadi di sekitar. Mural juga dibuat dengan tujuan memperindah desa. Pada hari pertama ini juga dilaksanakan kegiatan pendidikan dimana masyarakat diberi bekal mengenai pendidikan dan kewirausahaan. Mereka bahkan memiliki kesempatan untuk belajar mengoperasikan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pada hari kedua yang dilaksanakan di Taman Flora, diadakan tiga jenis kegiatan kesehatan, yaitu cek kesehatan gratis, donor darah, dan pasar murah.

Jemima menyampaikan harapannya. “Harapan ke depan untuk yang dilayani tentunya supaya mereka lebih aware sama masalah yang ada di sekitar mereka. Bagi peserta pengmas harapannya supaya mereka tidak berfokus belajar di dalam kelas tapi mereka juga perlu belajar di luar kelas. Aware juga dengan masalah sosial yang terjadi sehingga mereka tidak saja aktif di dalam kelas tapi juga aktif bertindak di lingkungan sekitar”.

Jadi, Sobat GENTA harus ingat, sekecil apapun perbuatan kita ternyata ada dampaknya nih. Karena itu, sekecil apapun, yuk lakukan!

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar