Menemukan Pengharapan Baru melalui Kebangkitan Kristus

Fotografer : Ferry Shendy

Menemukan Pengharapan Baru melalui Kebangkitan Kristus

Oleh : Yenny Chandra

Senin (5/4/2021), pukul 11.00 WIB, Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan ibadah secara daring melalui kanal Youtube Pelayanan Mahasiswa (PELMA) UK Petra. Ibadah ini merupakan perayaan peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus Kristus, yang akrab disebut Hari Raya Paskah. Ibadah paskah ini terbuka untuk sivitas akademika UK Petra.

Mengangkat tema “From Pass Over to Passover”, kebaktian ini dibuka dengan video opening dan dilanjutkan dengan praise and worship serta diikuti dengan doa bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan khotbah dari Benny Solihin, S.E., Th.M., D.Min. Dalam khotbahnya, Benny menceritakan kejadian kebangkitan Tuhan Yesus Kristus berdasarkan Lukas 24 ayat 1-12. Benny mengingatkan betapa besarnya kuasa dari pengharapan. Menurutnya, pengharapan dapat membuat orang bertahan pada keadaan sulit atau penderitaan seberat apa pun. Benny menuturkan, pengharapan harus dibangun di dalam Tuhan dan didasarkan pada iman. Iman tersebut akan timbul dari pengenalan dan kepercayaan terhadap Tuhan. “Iman bukan hanya mengetahui tentang Tuhan, tetapi juga percaya dan mempercayakan hidup kepada Tuhan, meskipun realita kehidupan sedang sulit,” ujarnya. Tidak hanya itu, Benny menegaskan, perkataan manusia boleh diragukan, tetapi perkataan Tuhan dapat dipegang, dipercayai, benar, dan tidak menipu.

Setelah sesi khotbah, acara dilanjutkan dengan sebuah drama singkat. Drama ini menceritakan mengenai kehidupan anak yang merasa semua orang telah mengecewakan dirinya. Akan tetapi, anak tersebut menjadi sadar akan pengharapan dan penyertaan Tuhan yang tidak pernah mengecewakan. Selanjutnya, Petra Christian University Choir juga turut mempersembahkan lagu pujian berjudul “O Love That Will Not Let Me go”. 

Setelah persembahan dari Petra Christian University Choir, kebaktian Paskah dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. Djwantoro menyampaikan, hidup tidak lepas dari yang namanya tantangan. Namun, kehadiran Tuhan Yesus Kristus yang telah bangkit pasti akan selalu menyertai kita semua. Ia mengingatkan untuk selalu bersandar pada penyertaan Tuhan. 

Kebangkitan Tuhan Yesus merupakan kabar baik untuk setiap kita orang percaya. Tidak hanya mengetahui, tetapi percaya dan juga hidup di dalamnya. Maka dari itu, kita harus terus berpegang teguh pada pengharapan dalam Tuhan dan tidak menyerah saat keadaan menjadi sulit. Selamat Paskah, Sobat GENTA!

About the author /


Avatar