Fellowship Lembaga Kemahasiswaan 2020 : Bersinergi untuk Mendengar dan Menolong

Fotografer : Yulius Giovani

Fellowship Lembaga Kemahasiswaan 2020 : Bersinergi untuk Mendengar dan Menolong

Oleh : Eunike Jeannyfer Caroline

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan kegiatan Fellowship Lembaga Kemahasiswaan (FLK) yang berlangsung pada Jumat (21/2/2020). Kegiatan yang bertempat di Selasar Auditorium Kampus Timur UK Petra ini memiliki tujuan untuk saling sharing dan mempererat hubungan antar fungsionaris LK. Tahun ini FLK memiliki acara dan tema yang spesial, yaitu “Here to Hear and Help”. Makna yang terkandung di dalamnya adalah mengingatkan fungsionaris LK akan peran dan tanggung jawab sebagai pendengar dan penolong bagi orang lain, seperti yang tertulis di Amsal 17:17.

Sebelum masuk dalam penyampaian sharing, acara diawali dengan praise and worship. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak.,  Lovina Junita, selaku ketua BEM UK Petra, dan Oey Sherina Wijaya, selaku ketua acara FLK. Selanjutnya, ada sharing yang disampaikan oleh Stefani, S.Psi. MAKP mengenai kesehatan mental yang akhir-akhir ini sering terjadi. Stefani mengawali dengan sebuah pernyataan, bahwa setiap detik ada 40 orang yang melakukan bunuh diri. Hal ini terjadi karena ada gangguan mental yang mungkin disebabkan oleh lingkungan sekitar dan tidak ada orang yang peka untuk membantu. Oleh karena itu, setiap fungsionaris LK memiliki peran penting untuk peka dan menolong orang-orang di lingkungan sekitar, terutama mahasiswa. Tindakan kecil yang dilakukan, mungkin memiliki makna yang sangat besar bagi orang lain.

Tidak hanya mendengarkan sharing, panitia telah menyiapkan sebuah permainan yang menjadikan FLK tahun ini spesial, yaitu Fellowship Lembaga Kemahasiswaan Card (FL Card). Fungsionaris LK  diminta untuk menyamakan kartu sesuai dengan gejala dan nama dari gangguan mental tersebut. Sebelum mengakhiri acara FLK, ada kegiatan simbolis untuk menutup luka pada dekorasi berbentuk hati yang tergores dengan sebuah plester. Kegiatan ini dilakukan oleh setiap ketua LK.

Sherina berharap melalui kegiatan FLK ini, fungsionaris LK dapat lebih menyadari perannya untuk menjadi pendengar dan penolong bagi teman-teman lain. Seluruh fungsionaris LK juga diharapkan dapat bersinergi bersama dengan LK lain untuk membangun UK Petra.

Bagaimana dengan Sobat GENTA? Apakah sudah menjadi pendengar dan penolong bagi orang lain? Mari bersama peka terhadap orang-orang di sekitar kita.

About the author /


Avatar