Spetrakuler 2021: Mengarungi Samudra ‘tuk Menggali Bakat

Fotografer: Gabriella Deandra

Spetrakuler 2021: Mengarungi Samudra ‘tuk Menggali Bakat

Oleh: Thalia Angelica

Setiap tahunnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan kegiatan Bulan Inspirasi Mahasiswa (BIM), Bulan Olahraga Mahasiswa (BOM), dan Bulan Seni Budaya (BSB). Tahun ini, ketiga kegiatan tersebut digabung menjadi satu acara bertajuk Spetrakuler. Kamis (27/04/2021) menjadi hari pertama sekaligus opening dari rangkaian kegiatan Spetrakuler. Opening yang mengusung tema “Conquer the Sea” ini mengibaratkan peserta sebagai pelaut yang mengarungi samudra luas Spetrakuler. Acara ini diselenggarakan melalui Zoom dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta.

Acara dimulai pukul 18.00 WIB dengan penampilan oleh Erlin, peserta The Voice Indonesia 2018. Selanjutnya, Master of Ceremony (MC) mengawali acara dengan doa. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Lie Angela selaku ketua acara, Evan selaku Kepala Bidang 1 BEM, dan Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. selaku Rektor UK Petra. Angela berharap, acara ini dapat mewadahi bakat mahasiswa dan siswa SMA dalam bidang seni, olahraga, dan penalaran.

Setelah itu, ada juga video penjelasan mengenai ketiga bidang Spetrakuler. Pertama, BIM akan mengadakan seminar yang mengusung tema “Unravelling the Unknown”. Seminar ini akan membahas mengenai pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan. Tak hanya itu, bidang ini juga terdiri dari lomba vlog, lomba esai, dan lomba speech. Sedangkan, BOM akan mengadakan lomba virtual run dan virtual cycling. Terakhir, BSB mengadakan pameran karya dan kuliner Indonesia secara virtual. Bidang ini juga akan mengadakan lomba poster infografis digital, lomba sneakers art, dan lomba band.

Pada akhir acara, Djwantoro meresmikan acara secara simbolis. Dengan begitu, rangkaian acara Spetrakuler resmi dimulai. Acara ditutup dengan penampilan band dan doa oleh MC.

Setiap orang memiliki bakat dan potensi di dalam dirinya masing-masing. Akan tetapi, proses mengembangkan bakat ini bukanlah hal yang mudah. Ibarat seorang pelaut yang mengarungi samudra, kita harus melewati berbagai rintangan untuk mengembangkan bakat kita. Siapkah Sobat GENTA mengarungi samudra yang belum tentu mudah? Mari terus gali bakat dan potensi yang kita miliki! Semoga berhasil, Sobat!

About the author /