Opening Adiwarna 2024: Melihat ke Belakang, Melangkah ke Depan

Fotografer: Valensia Verina

Opening Adiwarna 2024: Melihat ke Belakang, Melangkah ke Depan

Reporter: Audie Ferrell

Selepas empat tahun menuntut ilmu dan melewati sidang akhir, kini tiba waktunya bagi mahasiswa tingkat akhir Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Petra Christian University (PCU) untuk memamerkan karya-karya terbaiknya melalui ajang ADIWARNA 2024. Pameran tugas akhir yang mengangkat tema “Kelana Adiwarna” ini menampilkan hasil kurasi 10 karya tesis mahasiswa DKV, 16 perancangan karya mahasiswa DKV, dan 2 perancangan karya mahasiswa International Program in Digital Media (IPDM).

Rabu (14/08/2024), ruang pameran The Canvas yang terletak di pusat konvensi Milieu Space, Surabaya menjadi tuan rumah upacara pembukaan ADIWARNA 2024. Dalam sambutannya, Dwi Setiawan, S.S. MA-ELT., Ph.D. (Dekan Fakultas Humaniora dan Industri Kreatif—FHIK) merayakan ADIWARNA 2024 sebagai perayaan perjalanan penuh lika-liku mahasiswa DKV angkatan 2020. “Saya yakin, dari berbagai kesulitan anda sebagai ‘angkatan covid’, anda keluar dari DKV Petra menjadi pribadi yang jauh lebih kuat dibanding ketika anda masih belum,” ucap Dwi.

Menggaungkan sentimen tersebut, Dr. Listia Natadjaja, S.T., M.T., M. Des. selaku Ketua Prodi DKV juga berpesan agar hadirin melihat pameran tugas akhir ini sebagai langkah awal memulai suatu karya yang baru. “Kalau kemarin kita sibuk dengan bimbingan masing-masing, ada pameran kita bisa saling melihat, saling berbagi, dan juga bisa sharing ke adik kelas, alumni, dan juga industri,” tutur Listia. Terakhir, hadirin disambut oleh Daniel Garry The (DKV, 2020) yang menjelaskan esensi dari tema acara. “Satu hal kami sadari setelah empat tahun berkuliah; yaitu apapun yang kami takutkan, apapun yang kami ragukan hari ini, jalani dulu aja. Berusahalah nikmati perjalanannya, karena perjalanan itu pengalaman yang kami perlu—akan membimbing diri kami. Perlahan, tapi pasti,” jelas Ketua Acara ADIWARNA 2024 itu.

Pameran tugas akhir terbagi menjadi lima kategori, yakni Thesis, Campaign Strategy, Brand and Product Innovation, Graphic Design, dan Digital Media. Seluruh karya yang telah melalui proses kurasi tak hanya memamerkan kemampuan desain mahasiswa, namun juga menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat. Misalnya, tesis “Perancangan Media Panduan Konsep Fotografi Potret Di Studio Berdasarkan Kepribadian” oleh Gwyneth Charlize (DKV, 2020) yang menjawab keresahan klien foto yang tidak selalu dapat dimengerti oleh fotografer. Gwyneth menceritakan bahwa ia terinspirasi untuk mengangkat ide tersebut setelah membandingkan hasil memfoto teman dengan klien. Menurutnya, hasil memfoto teman cenderung lebih baik karena fotografer lebih mengenal kepribadian subjek foto. Ia pun mengembangkan pedoman wawancara sebelum sesi foto agar fotografer studio dapat menyesuaikan konsep styling klien agar hasil yang didapatkan lebih mencerminkan kepribadian subjek. “People are works of art and they’re worth appreciating,” tutur Gwyneth. Ada pula tesis “Perancangan Strategi Marketing Communication Brand 7 Broomsticks Bindery Untuk Hand-Bound Buku Novel Domain Publik” oleh Patricia Chamora (DKV, 2020) yang menjawab permintaan pasar pembaca buku yang menginginkan edisi taktil. Selain merancang tipografi dan menjilid buku secara manual, Patricia juga melukiskan elemen interaktif dengan tinta tak kasat-mata di antara halaman novel detektif yang ia jilid.

Pameran tugas akhir ADIWARNA 2024 dibuka mulai Rabu (14/08/2024) sampai Minggu (18/08/2024). Tak hanya hadir secara fisik, seluruh perancangan dan hasil karya yang ditampilkan juga bisa diakses secara virtual melalui laman adiwarna.petra.ac.id. Di akhir alur pameran, ada kolase yang merayakan hidup dan karya Deddi Duto Hartanto, S.Sn., M.Si., Dosen DKV yang meninggal dunia pada Kamis (14/12/2023) lalu. 

Selain pameran tugas akhir, ADIWARNA 2024 juga dimeriahkan berbagai talk show dan ajang kompetisi. Pertama, ada talk show bertajuk “The Evolution and The Future of Creative Advertising” yang akan diadakan secara daring pada Kamis (15/08/2024). Membahas perkembangan dunia periklanan, talk show ini dimoderasi oleh Daniel Iskandar, S.Sn. (Dosen Paruh Waktu Prodi DKV PCU) dan menghadirkan sosok Andreas alias Andre Tu7uh, Chief Creative Officer agensi Dentsu Creative Indonesia dan juri Cannes Lions International Festival of Creativity 2024. 

Sementara itu, talk show kedua ADIWARNA 2024 diberi judul “Terra Incognita of Creative Branding Industry” dan akan menghadirkan sosok penulis dan desainer logo IKN, Aulia Akbar bersama dengan Cindy Muljosumarto, S.Sn., M.Des. (Dosen Prodi DKV PCU) selaku moderator. Talk show yang membahas seluk-beluk industri branding ini akan diadakan secara hybrid di Gedung Q PCU pada Jumat (16/08/2024). Melengkapi rangkaian acara, ADIWARNA 2024 juga mengadakan kompetisi content creation, lomba foto jurnalistik, serta lokakarya figure drawing bersama dengan partner industri Wacom.

About the author /