Melayani Melalui Suara dan Hati

Fotografer: Ferry Shendy

Melayani Melalui Suara dan Hati

Oleh: Vania Jovita Fariman

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara (Padus) Universitas Kristen (UK) Petra menyelenggarakan Pelatihan dan Pelayanan Vokal (PPV) dengan mengusung tema “Let Your Heart Sing to God”. Acara ini berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (27/3/21) hingga Minggu (28/3/21) melalui Zoom. Tasya Tanuwijaya, selaku ketua PPV 2021 berharap, acara yang digelar setiap tahun ini dapat meningkatkan wawasan dan semangat anggota UKM Padus. Selain itu, melalui acara ini diharapkan rasa kekeluargaan antar sesama anggota dan fungsionaris dapat semakin meningkat.

Pada hari pertama, Rubin Lukito sebagai pelatih UKM Padus, mengawali acara dengan memberikan kata sambutan. Ia mengingatkan pentingnya pelatihan vokal sebagai bentuk pelayanan penyanyi. Pada sesi berikutnya, Rubin memimpin sesi materi dengan menjelaskan mengenai anugerah Tuhan yang memampukan manusia untuk bisa melayani melalui bakatnya masing-masing. 

Pada hari kedua, PPV mengundang Rambu Piras atau yang akrab disapa Dini sebagai guest star. Dini menyapa seluruh peserta sekaligus memperkenalkan dirinya sebagai alumni UKM Padus UK Petra. Runner up The Voice Indonesia 2018 ini menceritakan pengalamannya selama berkutat pada dunia musik. Berawal dari ketertarikan pada grup padus di gerejanya, Dini memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari padus agar dapat membawa sukacita bagi orang-orang yang mendengarnya. Hal ini juga yang membawa perempuan asal NTT ini untuk mengikuti UKM Padus pada masa kuliah.

Dini juga membagikan tips dan motivasi bagi peserta UKM Padus agar menggunakan kesempatan yang telah diberikan untuk selalu belajar. “Kesombongan tidak akan membawa kemana-mana, tetapi kerendahan hati dapat memberikan sesuatu untuk orang lain,” ujarnya. Terakhir, Dini turut mempersembahkan nyanyian dengan judul “Hallelujah” dan juga single miliknya yang berjudul “Keajaiban Biasa”.

Acara dilanjutkan dengan latihan vokal pada breakout room sesuai jenis suara dalam paduan suara. Setelah berlatih, peserta bermain gim sesuai pembagian kelompok. Pada puncak acara, panitia menggelar sesi sharing peserta dengan menuliskan surat tanggapan acara PPV 2021 atau kesan pesan menjadi bagian dari UKM Padus. Pengumuman pemenang gim dan sesi foto bersama pun menjadi pertanda berakhirnya kegiatan ini. 

Apa pun motivasi yang kita punya, kita patut menggunakan talenta kita dengan terus memiliki kerinduan untuk belajar dan mempersembahkannya bagi Tuhan. Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada selagi kita masih memiliki potensi untuk berproses. Sobat GENTA, yuk kita turut menjadi suara yang dapat mendengar dan didengarkan bagi sesama kita!

About the author /


Avatar