COMMDAY 2020 : Ajak Mahasiswa Cintai Kebudayaan Lokal

Fotografer : Yulius Giovani

COMMDAY 2020 : Ajak Mahasiswa Cintai Kebudayaan Lokal

Oleh : Eunike Jeannyfer Caroline

Tahun ini, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (IKOM) Universitas Kristen (UK) Petra merayakan ulang tahunnya yang ke-19. Dalam rangka merayakan ulang tahun tersebut, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Petra (HIMAKOMTRA) mengadakan acara tahunan bernama “Communication Day (COMMDAY)” yang terdiri dari serangkaian kegiatan. Salah satunya adalah seminar kebudayaan bertema “Genting Berdenting”, dengan makna adanya persoalan mendesak yang harus disuarakan. Persoalan yang dimaksud adalah sikap apatis generasi muda terhadap pelestarian budaya bangsa.

Seminar ini dilaksanakan selama dua hari, pada Senin (11/05/2020) dan Selasa (12/05/2020) dengan topik yang berbeda. Acara diawali dengan sambutan dari ketua acara, Aurellia Nathania Adityaputri, dilanjutkan oleh Ketua HIMAKOMTRA, Ricky Ciputra dan perwakilan dari Prodi IKOM UK Petra, Chory Angela Wijayanti, S.Sos., M.Si., selaku sekretaris serta Daniel Budiana, S.Sos., M.A., selaku Ketua Prodi.

Pembicara hari pertama adalah Asep Kambali, S.Pd., M.I.K selaku sejarawan sekaligus Founder & President Komunitas Historia Indonesia dengan judul “Culture Creative Campaign”. Asep menyampaikan bahwa sejarah adalah salah satu kebudayaan. Oleh karena itu, masyarakat terutama generasi penerus bangsa harus memahami dan memaknai Sejarah Indonesia dengan benar. Misalnya, mengadakan lomba berkaitan dengan nama-nama pahlawan, sehingga generasi muda mengenal pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

Pada hari kedua, seminar mengangkat judul “Content Culture Promotion” yang disampaikan oleh Excecutive Producer NET TV, Anggi Anandatiya, S.Sos.. Dalam melakukan promosi, terutama mengenai kebudayaan, carilah dahulu kesukaan atau minat dari target promosi, bukan memaksa masyarakat untuk menonton promosi. Anggi berpesan jangan menyerah dalam melakukan sesuatu. Walaupun seminar dilakukan secara daring, hal ini tidak mempengaruhi antusias peserta terhadap materi yang disampaikan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta yang mencapai lebih dari 100 orang.

Sesuai dengan tema yang diangkat, Aurellia berharap melalui acara ini seluruh pihak yang berpartisipasi dapat menyadari, bahwa sebagai generasi muda wajib untuk mengenali, mencintai, dan merealisasikan pelestarian budaya bangsa secara kreatif. Mengingat bahwa saat ini banyak generasi muda lebih tertarik akan budaya modern atau budaya luar negeri, sehingga budaya asli bangsa Indonesia dapat terancam punah.

Bagaimana Sobat GENTA, sudah sadar akan peran kita sebagai penerus bangsa? Yuk, tetap cintai Indonesia dengan seluruh kebudayaannya. Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal budaya bangsa Indonesia karena sudah punah. Selamat ulang tahun untuk Ikom UK Petra, semangat untuk terus memberikan karya yang terbaik. Tuhan memberkati!

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar