Yuk, Join Organisasi dan Lembaga Kemahasiswaan

Yuk, Join Organisasi dan Lembaga Kemahasiswaan

Oleh: Helen Setiawan

Hi, Petra Christian University (PCU) Students! Wah, tidak terasa ya sudah memasuki semester genap. Biasanya, di semester genap ini banyak open recruitment untuk organisasi-organisasi dan Lembaga Kemahasiswaan yang sudah bisa kamu ikuti di tahun kedua kamu di Universitas Kristen (UK) Petra, lho. Bagi kamu mahasiswa yang belum pernah mengikuti kepanitiaan satupun karena sering tertolak, jangan putus asa. Nih, kamu bisa daftar organisasi atau Lembaga Kemahasiswaan (LK), dengan jangka waktu jabatan 1 periode atau 1 tahun. Organisasi dan LK yang bisa diikuti untuk tahun kedua kamu antara lain:

  • Himpunan Mahasiswa (HIMA), organisasi eksekutif tingkat jurusan dalam kehidupan kemahasiswaan. HIMA memiliki peran dalam menyalurkan aspirasi mahasiswa di tingkat Program Studi (Prodi). Untuk menjadi anggota HIMA, kamu harus melewati seleksi. Seleksi ini akan dilakukan melalui wawancara pada saat open recruitment. Persiapkan dirimu mulai dari sekarang ya, agar dapat lolos seleksinya.
  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), organisasi eksekutif tingkat universitas dalam kehidupan kemahasiswaan, bakat dan minat, serta kesejahteraan mahasiswa di UK Petra. Asalkan kamu tahu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) itu dibawahi langsung oleh BEM, lho. Apakah kamu ingin bergabung dalam BEM? Pihak BEM akan melakukan penyeleksian terlebih dahulu, hal ini akan dilakukan melalui wawancara pada saat open recruitment. Siapkan dirimu, ya.
  • Pelayanan Mahasiswa (PELMA), bergerak di bidang kerohanian yang dibahawi oleh Pusat Kerohanian (Pusroh) UK Petra. PELMA mengadakan berbagai kegiatan untuk memfasilitasi pertumbuhan rohani mahasiswa baik dari sisi doctrinal maupun prakinal. Terdiri dari lima bidang dan satu tim antara lain, bidang misi, bidang pembinaan, bidang persekutuan, bidang pengkaderan, bidang multimedia, dan tim penelitian dan pengembangan.
  • Koperasi Mahasiswa (KOPMA), kamu suka berbisnis? Atau mungkin mau belajar untuk menjadi wirausaha? Nah, cocok. KOPMA merupakan suatu bentuk kegiatan mahasiswa untuk melatih diri dalam hal berwirausaha. Untuk tahun pertama mungkin kamu bisa daftar untuk menjadi anggota pasif. Sedangkan untuk menjadi anggota aktif, kamu harus menunggu satu tahun dulu ya, atau mungkin kurang dari satu Karena di akhir tahun pertama kamu, KOPMA akan membuka pendaftaran untuk siapapun dari kamu yang ingin bergabung menjadi anggota aktif. Eits, jangan senang dulu. Kamu akan diseleksi terlebih dahulu sebelum menjadi anggotanya. Seleksi ini nantinya yang akan menentukan menjadi anggota atau tidaknya kamu.
  • Tim Petra Sinergi (TPS), kalian pernah atau sedang mengikuti Ethics Enrichment (EE), kan? EE ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh TPS, lho. Kegiatan tersebut khusus untuk mahasiswa baru yang bertujuan agar para mahasiswa baru (maba) dapat membangun relasi dengan sesama. Selain pembinaan untuk maba, TPS juga memiliki beberapa program pembinaan bagi mahasiswa senior yang rindu menjadi pembimbing bagi rekan-rekan maba sebagai Astor.

Di dalam organisasi dan LK terdapat divisi-divisi atau department seperti pada tempat kerja. Divisi-divisi tersebut memiliki job desc masing-masing dan tidak sama antara divisi yang satu dengan yang lain.

Nah, syarat-prasyarat yang dibutuhkan saat mendaftar menjadi anggota, meliputi:

  1. Curriculum Vitae (CV),
  2. Foto ukuran 3×4,
  3. Transkrip, KHS, dan SKKK,
  4. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), dan
  5. IPK ≥ 2,50.

Untuk syarat dan persyaratan di atas bisa berubah dan bertambah sewaktu-waktu, lho. Jadi, agar tidak tertinggal info kamu bisa memantau sosial media dari organisasi dan LK tersebut. Good Luck and God Bless You All.J

About the author /


Pers Mahasiswa Genta

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More