Workshop SPT Tahunan dan Sosialisasi E-Filling

           Jumat, 14 Maret 2014 diadakan Workshop Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) dan Sosialisasi E-Filling. E-Filling itu sendiri ialah penyampaian SPT lewat online. Acara yang dihadiri oleh Agus Arianto Toly, S.E., Ak., M.S.A selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, dosen, dan karyawan serta beberapa mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) ini bertempat di Ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 502.

Sambutan oleh Yenni Mangoting, S.E., Msi., Ak.

          Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh Yenni Mangonting, S.E., Msi., Ak selaku Dosen Program Studi Akuntansi Pajak. Dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai e-filling dan SPT tahunan oleh Oktavian Bachtiar, S.H dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Surabaya. Beliau menjelaskan apa itu e-filling dan cara-cara melakukannya. Tidak hanya penjelasan, beliau juga memberi kesempatan kepada para peserta untuk praktik langsung bagaimana melakukan e-filling. Dalam praktik ini, diminta sukarelawan dari peserta untuk maju dan menjadi contoh. Praktik yang dilakukan adalah registrasi Electronic Filling Identification Number (EFIN) yang sudah dimiliki oleh masing-masing peserta, terutama dosen dan karyawan. Untuk registrasi EFIN, peserta cukup membuka salah satu situs yang sudah terdaftar, salah satunya adalah www.pajakku.com. Setelah itu, peserta cukup mendaftarkan e-mail dan memasukkan password, lalu akan mendapat e-mail balasan sebagai bukti telah melakukan registrasi. Registrasi ini cukup dilakukan satu kali dan akan berlaku seterusnya. Disarankan juga kepada peserta untuk tidak memberitahukan EFIN yang dimiliki kepada orang lain. Dengan mengetahui EFIN, seseorang bisa saja mengatur ulang password kita.

Praktik langsung

            Setelah melakukan registrasi, peserta diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan sesuai dengan Pajak Penghasilan (PPh) masing-masing. Yang dibahas dalam workshop ini adalah PPh 1770S dan PPh 1770SS. Berhubung yang menjadi contoh adalah dosen dengan PPh 1770S, maka yang dipraktikkan ialah mengisi pertanyaan untuk PPh 1770S. Penjelasan tentang PPh ini disampaikan oleh Nanang dari KPP Madya Surabaya. Karena keterbatasan waktu mengisi pertanyaan untuk PPh 1770SS, beliau menyampaikan secara singkat bahwa untuk proses pengisiannya lebih sederhana dibanding PPh 1770S.

         Acara dilanjutkan dengan pemberian souvenir kepada peserta yang mengajukan pertanyaan. Setelah itu disampaikan beberapa pengumuman, diantaranya akan diadakan kembali pelatihan e-filling pada Jumat, 21 Maret 2014. Acara ditutup dengan doa oleh Yenni Mangonting, S.E., Msi., Ak pukul 10.30 WIB. (Ast/Del)

Pembagian souvenir

Foto: Della

About the author /


Pers Mahasiswa Genta

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *