Upacara Sumpah Pemuda : Kobarkan Api Perjuangan!

SUMPAH PEMUDA_JC_JESS_FERDI (7)

Fotografer: Jessica dan Ferdiantio JS

Upacara Sumpah Pemuda: Kobarkan Api Perjuangan!

Oleh : Livia Aqmarina

Sabtu (28/10/2017) Universitas Kristen (UK) Petra menyelenggarakan upacara bendera, memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Upacara berlokasi di Lapangan Gedung Radius Prawiro dimulai pukul 07.30 dan dihadiri dengan khidmat oleh seluruh peserta upacara. Upacara ini diikuti oleh Mahasiswa Lama (mala) yang belum mengikuti upacara pada tahun sebelumnya, serta Mahasiswa Baru (maba) 2017 khusus Program Studi (prodi) Ilmu Komunikasi, Teknik Elektro, Manajemen Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Perhotelan.

Sebelum penyampaian amanat oleh pembina upacara, dua anggota Resimen Mahasiswa (menwa) Albertus Adiyanto Pangau,prodi Teknik Sipil angkatan 2015 dan Nicholas Widjajanto, prodi Teknik Arsitektur angkatan 2015 memberi penghormatan sekaligus menjemput rektor untuk menyampaikan amanatnya. Prof.Ir. Rolly Intan, M.A.Sc., Dr.Eng. selaku rektor UK Petra didaulat menjadi pembina upacara. Rolly menyampaikan amanat yang berisi tentang bagaimana lahirnya Sumpah Pemuda di indonesia 89 tahun silam. Selain itu, ia juga membacakan isi pidato dari surat yang diberikan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (menpora). “Sebagai anak muda, kita harus berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan indonesia dan marilah kita mengobarkan “api” perjuangan daripada sumpah pemuda,” ujar Rolly membacakan surat dari menpora.

Nah Sobat Genta, peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan suatu bukti nyata dari rasa hormat pemuda-pemudi Indonesia terhadap bangsa ini. Untuk mengikrarkan sumpah satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Maka dari itu, tugas kita sebagai mahasiswa adalah menjaga dan meneruskan arti dari perjuangan para pahlawan dimasa lampau.

Teruslah berjuang Jiwa-jiwa muda Indonesia!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *