Upacara Sepuluh November : Semangat Kepahlawanan

Fotografer: Johannes Christanto

Upacara Sepuluh November : Semangat Kepahlawanan

Oleh: Natalia Ratna Dewi Lesmono

Jumat (10/11/17), Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional. Kegiatan upacara bendera yang berlangsung pada 07.30-09.00 WIB ini, dihadiri mahasiswa senior dan fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan (LK), pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh mahasiswa baru 2017 Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur, Prodi Teknik Industri,  Prodi Teknik Informatika, Prodi  Teknik Mesin, Prodi Manajemen Kepariwisataan, Program Internasional Business Engineering (IBE), Program Sistem Informasi Bisnis (SIB), serta Program Otomotif.

Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr.Eng. selaku inspektur upacara menyampaikan amanat dari menteri sosial (mensos) Khofifah Indar Parawansa. Peristiwa pertumpahan darah rakyat Indonesia di Surabaya tujuh puluh dua tahun yang lalu untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah merupakan salah satu dasar amanat yang disampaikan.

Setiap rakyat Indonesia diharapkan dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara dengan memberikan karya-karyanya. Semangat dan kepercayaan diri harus terus ditanam, karena dengan itu Indonesia dapat bangkit dan semakin lebih dikenal.  Percaya dirilah bahwa karya anak-anak Indonesia jauh lebih baik dibandingkan karya luar negeri. Dengan itu, jiwa penjiplakan akan hilang. “Semangat Kepahlawanan adalah untuk membentuk dan membangun bangsa,” kata Rolly.

Tidak hanya bicara soal kontribusi dalam berkarya, kita diajak pula untuk bangga dengan karya sendiri. Menggunakan produk dalam negeri sebagai contohnya. Dimulai dari sendiri yang mau membawa perubahan yang lebih baik untuk negeri tercinta kita, Indonesia.

Di penghujung upacara, Rolly memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi akademik tahun ajaran 2016/2017, yaitu mahasiswa-mahasiswi yang memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terbaik 10% dari total mahasiswa setiap prodi atau program.

Nah, Sobat GENTA, mari kita bersama mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi. Jangan sampai kita tidak memberikan apapun bagi bangsa Indonesia, karena melalui karya kita anak bangsa, secara tidak langsung kita juga menghargai pahlawan-pahlawan yang telah berjuang mepertahankan kemerdekaan Indonesia.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More