UKM Paduan Suara: Tutorial Vokal untuk Tingkatkan Kemampuan

UKM Paduan Suara: Tutorial Vokal untuk Tingkatkan Kemampuan

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam bidang tarik suara, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara mengadakan Tutorial Vokal pada bulan November 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh UKM Paduan Suara setiap tahunnya.

Tutorial Vokal merupakan kegiatan yang berjalan bersamaan dengan kegiatan rutin UKM, perbedaannya ialah Tutorial Vokal mengajarkan kepada peserta mengenai teknik-teknik dalam bernyanyi sesuai dengan kelompok suara mereka, sedangkan kegiatan UKM merupakan tempat mempelajari lagu-lagu yang akan dinyanyikan. Bass, tenor, alto, dan sopran memiliki cara yang berbeda dalam bernyanyi. Di sinilah peserta UKM dilatih untuk bernyanyi dengan cara yang benar.

Bertempat di gedung EH Universitas Kristen (UK) Petra, Tutorial Vokal merupakan acara yang wajib diikuti oleh setiap peserta UKM Paduan Suara. Untuk Tutorial Vokal bagi peserta laki-laki diadakan di studio gedung EH, sedangkan untuk peserta perempuan diadakan di ruang EH 406 UK Petra. Peserta Tutorial Vokal dilatih oleh Aprilia W. Takasenserang, untuk peserta perempuan dan Mr. Rubin Lukito, untuk peserta laki-laki. Keduanya merupakan pelatih dari UKM Paduan Suara.

Tutorial Vokal diadakan empat kali setiap semester. Setiap pertemuannya berdurasi selama satu setengah jam. Selain Tutorial Vokal, peserta juga mendapat Tutorial Not Balok. Tutorial Not Balok diadakan setiap setengah jam terakhir sesi Tutorial Vokal. Pada pertemuan terakhir Tutorial Vokal semester kedua, peserta akan mendapatkan tes yang harus mereka kerjakan. Tes ini akan mempengaruhi rapor peserta UKM Paduan Suara di akhir tahun nanti.

Madeline Moelyono, ketua kegiatan Tutorial Vokal, berharap agar peserta dapat lebih sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan. Karena menurut Madeline, Tutorial Vokal ini merupakan kegiatan yang penting bagi peserta UKM Paduan Suara.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More