Tumbuhkan Bibit Menabung Sejak Dini : “First Step For Good Impact.”

Tumbuhkan Bibit Menabung Sejak Dini : “First Step for Good Impact”

Oleh : Natalia Ratna Dewi Lesmono

Jumat, (23/03/2018), pukul 08.00 -11.30, Himpunan Mahasiswa Manajemen Keuangan (HIMAKETRA) UK. Petra menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di SD Pelangi Kristus. Tema yang diusung kali ini adalah First Step For Good Impact.

Melihat kepedulian terhadap generasi yang akan datang mulai memudar, membuat kegiatan ini dapat menjadi gerbang awal untuk membuka hati mahasiswa untuk turut serta mengambil bagian. Menggali pikiran anak-anak akan masa depan dengan pendidikan yang tinggi tidak didapat secara gratis. Anak-anak punya cita-cita, lantas apa yang menjadi persiapan mereka 10 tahun mendatang?

Generasi millenials adalah bukti. Generasi yang dinilai hanya mengalir tak ada arah dan tujuan. Hingga pada akhirnya membuat mereka ‘boros’ dan terseret oleh arus dunia. Inilah yang kemudian menjadi keresahan atas terbentuknya kegiatan ini,

“Mendahulukan yang lebih kecil dahulu untuk generasi yang akan datang menjadi lebih bijaksana dalam mengelola uang” ujar Angela Monnica selaku ketua acara. Tidak ingin generasi mendatang seperti generasi millenials saat ini. Harus ada perubahan! Dimulai dari anak-anak yang perlu ditanamkan bibit menabung.

Rangkaian acara yang ada juga dikemas sesuai dengan umur mereka. Terdapat 4 acara selama empat jam kegiatan ini berlangsung :

  1. Perkenalan cita-cita,
  2. Pengenalan uang, simulasi menabung dengan sederhana dan fun,
  3. Menghias celengan, diharapkan dari celengan itu ada hal yang berkelanjutan ke depannya, dan
  4. Panggung boneka, mengemas acara dengan sebuah cerita namun tetap ada unsur menabungnya.

Nah, dari ke-4 acara tersebut mencerminkan kegiatan yang serius menanggapi generasi yang akan datang. Sekarang, bagaimana dengan setiap kita? Akankah kita terus berdiam diri melihat generasi demi generasi selalu sama? Yuk, bersama kita ciptakan generasi yang membanggakan!

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More