Tidak Sekadar Berbicara, Tapi Tunjukkan Aksi Nyata

Fotografer : Patrick Jonathan

Tidak Sekadar Berbicara, tapi Tunjukkan Aksi Nyata

Oleh : Patrick Jonathan

Setelah menyelenggarakan donor darah dan pengecekan kesehatan gratis pada Minggu (17/2/2019) di Taman Flora Surabaya, rangkaian acara Triple U x UC kembali dilanjutkan pada Minggu (3/3/2019). Kegiatan yang diprakarsai Universitas Kristen (UK) Petra, Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Surabaya (UBAYA), dan Universitas Ciputra (UC) ini bertempat di Kawasan Mangrove Gunung Anyar Surabaya.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu Lingkungan, Kampung Warna, Pendidikan, dan Kewirausahaan. Kelompok Lingkungan terdiri dari 92 mahasiswa, bertugas untuk membuat tanaman hidroponik, mengecat tong sampah, dan membersihkan lingkungan sekitar. Sedangkan kelompok Kampung Warna yang terdiri dari 109 mahasiswa bertugas untuk mengecat jalan yang sudah dibuat sketsa gambarnya oleh panitia. Kedua kelompok tersebut bertugas di lokasi yang sama, yaitu di RT 03.

Selanjutnya, kelompok Pendidikan terdiri dari 34 mahasiswa, bertugas untuk menjelaskan materi, dan membuat pentas drama. Materi yang dibawakan ada tiga yaitu bully buster, bencana alam, dan teknologi. Untuk kelompok pendidikan, kegiatan mereka berlangsung di Balai RW 01. Kelompok Kewirausahaan terdiri dari 32 mahasiswa, bertugas untuk membuat prototipe dari barang bekas menjadi barang yang lebih bernilai. Lalu peserta akan mempresentasikan barang buatannya kepada masyarakat. Selain itu, ada juga seminar mengenai tips marketing dan cara pengolahan ikan yang dibawakan pembicara dari UC. Kegiatan kelompok kewirausahaan ini bertempat di Balai Kelurahan.

Ketua Umum Triple U x UC, Chelsy Sandrina Clarita, berharap agar para mahasiswa tidak hanya berbicara saja, namun langsung take action. Sesuai dengan tema besar kegiatan Encourager In Action, Chelsy ingin mahasiswa dapat menggerakkan masyarakat Gunung Anyar agar dapat mengembangkan apa yang mereka miliki. “Dengan adanya empat kegiatan besar ini, aku harap masyarakat Gunung Anyar bisa bertambah lagi wawasannya,” ucap Chelsy menambahkan.

Kegiatan ini mengundang banyak respon positif dari pesertanya. “Aku ingin ikut acara ini karena ingin mencari pengalaman baru, dan juga berkenalan dengan teman-teman dari universitas lain,” ucap Vincentius Edbert, salah satu peserta yang berasal dari UC. “Acaranya seru, aku bisa membantu warga dengan mengecat jalan. Jadi nanti jalannya jadi bagus dan enak dilihat,” ujar Leony Anindya, mahasiswi dari Fakultas Psikologi UBAYA.

About the author /


Avatar