Talkshow Festival Ajisaka 2019 : Dongkrak Brand dengan Media Sosial

Fotografer: Nicholas Abdiel

Talkshow Festival Ajisaka 2019 : Dongkrak Brand dengan Media Sosial

Oleh: Gabriele Tjiphanata

Sosial media memang tak bisa dilepaskan dalam benak generasi millennial. Tak hanya sebagai tren gaya hidup, sosial media juga penting dalam dunia pekerjaan dan bahkan jadi media pemasaran yang memiliki potensi sangat besar. Maka dari itu, Ajang Insan Kreatif Nusantara (Ajisaka) Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen (UK) Petra (HIMAKOMTRA) mengadakan Talkshow dengan tema “Optimize Your Brand with Social Media” pada Rabu (18/9/2019). Talkshow ini  diadakan agar para generasi milenial mampu memaksimalkan konten media sosial guna menunjang sebuah Brand.

Bertempat di Ruang Q04.11, acara dimulai pukul 15.00 WIB. Talkshow kali ini menghadirkan dua pembicara yang telah berpengalaman dalam dunia Branding, yakni Chintya Aprillia, Social Media Director at Socioworks, dan Yudha Prasetyo, Founder dan CEO PT. Java Fashion Indonesia.

Chintya mengungkapkan bahwa cara mengembangkan strategi konten bisa bermacam-macam. Contohnya dengan menggunakan strategi endorsement. Menurutnya, sebuah Brand bisa melakukan endorse kepada micro-influencer dengan followers kisaran 5000 sampai 10.000. “Sistem ini cukup menguntungkan, karena kita membayar dengan harga yang cenderung murah tetapi menggaet banyak micro-influencer. Kuantitasnya lebih banyak tapi masin on-budget. Konsistensi juga jadi kunci dalam kesuksesan sebuah Brand,ujarnya.

Yudha juga menambahkan bahwa setidaknya kita perlu mengetahui tentang pengetahuan dasar mengenai Branding. Yudha banyak berujar bahwa potensi media sosial sangatlah besar. Intimasi dengan followers juga menjadi hal yang sangat krusial dalam bidang ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan presentasi mengenai lomba yang akan diadakan oleh Ajisaka UGM. Acara ini tentu saja memberikan pengetahuan dan kesan kepada peserta seminar. Tak hanya belajar bagaimana cara mengoptimalkan sebuah Brand di media sosial, kita juga bisa mengenali bahwa media sosial memiliki audiens yang sangat besar dalam mengoptimalkan sebuah Brand.

Nah, sobat GENTA, sebaiknya kita sudah mulai mencari ide atau inovasi menarik yang bisa kita kembangkan. Perluas jaringan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Jangan sampai konten menarik sobat GENTA tidak bisa maksimal karena masih salah strategi ya!

Tagged with:    

About the author /


Avatar