Talk Show Culture in Business Communication 2017: Merry Riana Goes to Campus!

CULTUREBUSINESS_BOBY-5

Talk Show Culture in Business Communication 2017: Merry Riana Goes to Campus!

Oleh: Joana dan Livia

Sejumlah 800 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan umum berkumpul di auditorium Universitas Kristen Petra (UK) Petra mengikuti talkshow bertajuk Culture in Business Communication, Rabu (22/11/17). Kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Petra (HIMASAINTRA) ini dimulai pukul 18.00 WIB hingga 21.00 mengundang motivator ternama Indonesia, Merry Riana. 

Acara diawali dengan sambutan oleh Herwindy Maria Tedjaatmadja, S.S., MA-ELT. (Kepala Program Studi (prodi) Sastra Inggris) dan Eva Violina (Prodi Sastra Inggris angkatan 2015) selaku ketua panitia. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan talkshow bersama Merry. Dalam sesi ini Merry menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh moderator. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebagian besar meliputi kisah perjalanan hidup Merry dalam meraih mimpi sejuta dolar dan cara-cara efektifnya dalam melakukan negosiasi bisnis. Merry juga menjelaskan mengenai bagaimana peserta harus mau menerima dan beradaptasi dengan berbagai macam perbedaan budaya dengan partner atau klien bisnis.

Menurut Merry, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), masyarakat Indonesia tidak perlu takut karena pada dasarnya hanya ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi dengan masyarakat berbeda budaya. Yang pertama yaitu kira harus menunjukan rasa hormat dan respect pada siapapun. Yang kedua, kita tidak boleh menunjukan sikap berprasangka atau judgmental. Selain dua hal tersebut Merry juga mendemonstrasikan cara menyampaikan pujian yang tulus dan natural, cara mengatasi rasa cemas saat berbicara di depan publik, dan tips-tips lainnya.

Sesi tanya jawab, sekaligus menutup rangkaian kegiatan. Semua peserta aktif berpartisipasi dalam mengajukan berbagai pertanyaan, yang kemudian dijawab oleh Merry. Kegiatan diakhiri dengan sesi meet and greet di area luar auditorium. Para peserta dapat membeli buku, meminta tanda tangan serta berfoto bersama dengan Merry.

Diharapkan, dengan diselenggarakannya acara ini para mahasiswa dapat semakin memahami sikap-sikap yang baik dalam melakukan negosiasi bisnis agar tepat sasaran. Selamat berjuang ya sobat GENTA! Indonesia pasti bisa!!!!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *