Talk Show Bharatika Festival 2018: Menguak Rahasia Inovator!

Fotografer : Jessica Sinarjo dan Evandruce Filbert

Talk Show Bharatika Festival 2018: Menguak Rahasia Inovator!

Oleh : Joana

Sabtu (07/04/18), sejumlah 100 peserta mengikuti Talk Show  ‘Menguak Rahasia Inovator’ di Balai Pemuda Surabaya pukul 15:00 hingga 18:00 WIB. Talk Show yang merupakan bagian dari rangkaian acara Bharatika Festival 2018 ini mengundang Mario Tetelepta selaku Associate Director of Branding Organization at MakkiMakki dan Dhany Virdian selaku Creative Director of Narrada Communication sebagai pembicara. Penasaran dengan apa yang dibagikan oleh kedua Master of Creative Branding di atas?Simak terus,yuk!

Talk Show dibagi menjadi dua bagian, yang pertama diisi oleh Dhany dan yang kedua oleh Mario. Dhany menjelaskan tentang cara-cara untuk membuat brand kita mendapatkan exposure dari masyarakat. Cara yang pertama tentu saja, kita harus bisa memiliki suatu ciri khas yang membedakan kita dari orang lain. Untuk dapat mencapai hal ini kita harus tahu dengan pasti passion kita. Mengikuti passion kita akan menuntun kita dalam menemukan ciri khas kita. Project-project akan berdatangan dengan sendirinya ketika masyarakat sudah mengetahui ciri khas/style branding kita. Cara kedua yaitu kita harus mampu berkolaborasi dengan brand lain yang memiliki ciri khas berbeda. Kolaborasi dapat berdampak besar. Ide-ide besar yang sering kali berhasil menuai sukses dalam pasar merupakan hasil penggabungan beberapa ide seniman besar sekaligus. Yang terakhir, Dhany menekankan pada kita tentang betapa powerfulnya social media bagi dunia Branding and Marketing. Dhany memberikan beberapa contoh social media campaign yang sukses luar biasa dan meraup keuntungan hingga milyaran rupiah walaupun modal awalnya nol. ”Ide dan ciri khas adalah yang terpenting dalam dunia branding,”begitu ujar Dhany pada penghujung sesinya.

Memasuki sesi berikutnya bersama Mario, para peserta disambut oleh suatu pertanyaan yang diberikan pembicara tanpa berbasa-basi – “Menurut anda, apa arti inovasi?” Beberapa jawaban terlontar dari kursi penonton. Sebagian benar tapi belum tepat, sebagian lagi ngawur, dan sebagian lagi cukup menggelitik. Mario kemudian merangkum berbagai jawaban peserta dan merumuskannya menjadi satu frasa. Inovasi adalah kemampuan untuk berubah. Perubahan yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan jaman. Inovasi harus terus berlanjut dan tidak boleh mati. Untuk menjaga agar inovasi dapat terus berlanjut sehingga brand kita tak lekang oleh waktu, kita harus memiliki kreatifitas. Kreatifitas adalah akar dari semua inovasi, akar dari semua keberhasilan suatu brand.

Nah, bagaimana caranya untuk menjadi kreatif? Mario telah  menjabarkan 27 kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi kreatif  dan di sini GENTA akan membagikan 5 kemampuan yang GENTA rasa menarik, yaitu:

  1. The ability to connect the dots.
  2. The ability to move beyond the norms.
  3. The ability to enter the markets.
  4. The ability to get it for free and monetise it.
  5. The ability to shape the future.

Untuk setiap kemampuan, Mario memberikan penjelasan dan contoh-contoh nyata yang telah berhasil dalam dunia branding and advertising. Dengan diselenggarakannya talk show ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh skill dan mindset yang baru untuk menjadi inovator-inovator muda Indonesia. Stay creative and inovative, ya sobat GENTA!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More