STORY (Starting Astor’s Journey) : Embracing your Journey

STORY_JOHANNES-4

Fotografer: Johannes Christanto

STORY (Starting Astor’s Journey) : Embracing your Journey

Oleh: Denalyn Istianto

Siapa Sobat GENTA di sini yang tidak mengenal asisten tutor atau astor? Tentu kita semua mengenal sosok kakak-kakak senior yang membimbing para mahasiswa baru (maba) pada semester pertama mereka. Selasa (21/11/2017) dan Rabu (22/11/2017), subteam astor dari Tim Petra Sinergi (TPS) mengadakan acara STORY alias Starting Astor’s Journey.  Acara yang mengangkat tema Embracing Your Journey ini bertujuan memperkenalkan lebih dalam mengenai astor kepada mahasiswa.

Bertempat di ruang audio visual (AVT) 503 Gedung T Universitas Kristen (UK) Petra, STORY  diadakan dua hari berturut-turut. Pada hari pertama, materi dibawakan John G. Reinhart, S.T., yang merupakan dosen Program Studi (prodi) Teknik Arsitektur dan Desain Interior sekaligus steering comitee (SC) di TPS. Hari kedua materi dibawakan Perdian Tumanan, S.T., M.Div., yang merupakan pembina TPS. Kedua pembicara membagikan hal-hal yang perlu disadari selama menjadi astor, termasuk motivasi awal dan juga kendala yang akan dihadapi.

“Kalau definisi enak Anda adalah berarti banyak tidur, banyak jalan-jalan, banyak waktu luang buat bersenang-senang… Saya bisa janji dari sekarang. Anda jadi astor, Anda tidak dapat itu semua,” tutur John, membuka materi pada hari pertama.

Tidak hanya materi yang dibawakan pembicara, para peserta juga mendengarkan sharing dari para astor yang hadir dalam bentuk kelompok kecil. Tiap kelompok kecil mendapatkan satu orang astor yang membagikan pengalamannya selama melayani.

“Ekspektasinya ‘sih, pastinya peserta bisa benar-benar mengerti apa yang disampaikan, bisa mengenal dan tahu apa itu astor,” tutur Lois Nathania, mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 selaku ketua panitia STORY. 

Pendaftaran calon astor telah dibuka bersamaan dengan berjalannya acara STORY.  Pendaftaran dan tes tulis online diadakan sebanyak tiga periode. 21 – 27 November 2017 untuk mahasiswa Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Teknik Industri ; 28 November – 4 Desember 2017 untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Desain ; dan periode terakhir 5 – 11 Desember 2017 untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *