Station: Start The Action, Found a Connection

STATION-JOHANNES (1)

Fotografer: Natania Wahyuni T & Johannes Christanto

Station: Start The Action, Found a Connection

Oleh: Natania Wahyuni T

Tidak ketinggalan, Program Studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) menyelenggaraan kegiatan perkenalan kepanitiaan. Kegiatan bertajuk Station ini merupakan kependekan dari Start The Action, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa prodi DKV Petra (Himavistra).

Acara ini bertemakan “Found a Connection“. Yang dimaknai, jika pencapaian tujuan dalam kepanitiaan diibaratkan sebuah pondasi, diperlukan koneksi dan kerjasama yang kuat dalam membangun pondasi yang kokoh. Diharapkan mahasiswa bisa bekerjasama dengan baik dalam suatu kepanitiaan.

Station memuat empat kali pertemuan dalam satu rangkaian kegiatan. Selama satu bulan, peserta akan dikenalkan dengan berbagai divisi dalam kepanitiaan. Diharapkan mereka akan menemukan, divisi mana yang sesuai kemampuan dan bakat mereka.

Di pertemuan pertama (2/9/2017), ada pembekalan yang diberikan oleh perwakilan Himavistra yang sudah lebih berpengalaman dalam keikutsertaan dalam suatu acara. Mereka memperkenalkan fungsi dari masing-masing divisi dalam kepanitiaan. Selain pembekalan ini, peserta juga mendapat kesempatan memilih masuk dalam divisi yang mereka inginkan. Namun pada bagian ini rupanya peserta tak hanya sekedar memilih. Akan ada tahap wawancara yang menentukan apakah mereka lolos pada divisi yang telah mereka pilih.

Di minggu berikutnya (Sabtu, 9/9/17) akan di umumkan di divisi mana mereka akan diterima. Disini akan dibentuk kelompok kelompok kecil, dimana mereka akan belajar lebih dalam mengenai tugas-tugas dalam divisi mereka. Nah, salah satu keunikan yang ada di acara bank panitia di prodi DKV ini adalah, peserta mempunyai kesempatan membuat sendiri acara yang akan diadakan di minggu ke empat (23/9/17).

Pada minggu ketiga (16/9/17), seluruh peserta akan melakukan rapat terkait tugas-tugas mereka untuk menjadi panitia di Station terakhir, Sabtu (23/9/17). Bertukar posisi, seluruh panitia akan menjadi peserta dalam kegiatan yang disusun oleh mahasiswa baru peserta station. Dengan begitu, diharapkan proses pembelajaran akan lebih efektif bagi peserta untuk terjun langsung mencobanya. Rally games ini diadakan di 4 ruangan, yaitu di gedung P ruangan P504, P505, P506, dan P626 .

“Tentu saja acara seperti ini sangat seru, apalagi pelatihan dari kakak-kakak panitia station sendiri yang sudah berpengalaman. Jumlah dari peserta pun lumayan, total ada empat kloter dalam satu rally games per ruangan,” pendapat Regina, DKV’17, salah satu peserta Station.

Acara satu bulan mungkin akan melelahkan, tapi tentu bertujuan. Semua ini menyiapkan mereka menjadi panitia yang lebih baik dari pembelajaran mereka satu bulan ini untuk event DKV yang akan datang, yaitu Desporev (DKV Sports Event) dan Bharatika Creative Design Fest.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *