Siapkan Generasi Muda Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Kelompok finalis Industrial Competition 2018 sedang membawakan presentasi di hadapan para juri.

Siapkan Generasi Muda Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Kamis (1/11/2018) hingga Sabtu (3/11/2018), terlihat banyak siswa SMA berkumpul di Pakuwon Trade Centre (PTC) Surabaya untuk mengikuti Industrial Competition (IC). Kegiatan kompetisi tahunan besutan Program Studi (prodi) Teknik Industri dan International Business Engineering Universitas Kristen (UK) Petra ini diikuti oleh oleh 75 tim yang terdiri dari 4 peserta dari berbagai SMA.

Mengangkat tema Industrial Revolution 4.0, IC 2018 bertujuan untuk memperkenalkan revolusi industri yang sedang terjadi di Indonesia kepada siswa. Harapannya, perkenalan ini dapat menyadarkan mereka bahwa merekalah yang nantinya akan menghadapi revolusi industri.

Acara ini dimulai dengan babak penyisihan berupa rally games pada hari pertama. Kemudian 21 tim dengan poin tertinggi berkesempatan mengikuti babak semifinal yang dilakukan pada Jumat (2/11/2018). Sistem perlombaan pada babak semifinal berupa simulasi industri yang bertujuan untuk memberikan gambaran pada peserta mengenai dunia industri dan proses produksinya. Setelah melewati babak semifinal, dipilihlah lima tim dengan poin tertinggi untuk mengikuti babak final. Kegiatan ditutup pada babak final Sabtu (3/11/2018). Diadakan babak final, di mana peserta melakukan presentasi kelompok mengenai studi kasus yang mereka lakukan pada saat kunjungan ke PT Intera Indonesia yang merupakan bagian dari PT Integra Group.

Tentunya setiap juara mendapatkan hadiah menarik sebagai apresiasi kerja mereka yaitu uang tunai sebesar Rp 5.000.000 dan kesempatan untuk mendaftar sebagai mahasiswa Teknik Industri UK Petra tanpa membayar Uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (USPP) untuk untuk juara pertama. Juara kedua berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3.000.000 dan bebas USPP sebesar 75% dan juara ketiga berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000 dan bebas USPP sebesar 25%. Tim yang berhasil memperoleh juara pertama berasal dari SMA Petra 1 Surabaya. Sedangkan untuk juara II berasal dari SMA St. Louis 1 Surabaya, dan SMA Charis Malang sebagai juara III.

Melalui acara ini Bertinus Enrico selaku ketua panitia berharap agar peserta dapat mengenal lebih jauh lagi mengenai teknik industri dan kegiatan industri di Indonesia.

Semoga dengan diadakannya acara ini, Sobat GENTA dapat semakin paham mengenai revolusi industri yang terjadi di Indonesia!

About the author /


Avatar