Seminar Entrepeneur: Innovation By Young Generation

Fotografer: Evandruce Filbert

Seminar Entrepeneur: Innovation By Young Generation

Oleh: Jeffry

Jumat (18/05/2018) bertempat di Gedung Audio Visual Gedung T (AVT) 502 Universitas Kristen (UK) Petra, diadakan seminar Entrepreneur berjudul Innovation by Young Generation. Seminar ini berfokus pada pengembangan ide atau pikiran seseorang untuk meraih sukses di dalam dunia kerja yang sudah berbeda pada zaman sekarang. Acara yang dihadiri 118 mahasiswa dari berbagai program studi (prodi) itu mengundang Jasper Sugiharto, S.T, selaku Director di MRT Stars. MRT Stars merupakan agency resmi PT Prudential Life Assurance yang bekerja di bidang pemasaran jasa perencanaan keuangan. Acara tersebut juga mengundang Robby Sanjaya, mahasiswa Prodi Teknik Sipil angkatan 2014 untuk membagikan pengalamannya. Ia telah berhasil berkat bimbingan Jasper.

Pada seminar ini, Jasper berfokus pada materinya tentang bagaimana cara mendapatkan kehidupan finansial yang bebas dan mandiri sebagai generasi masa kini atau millenials, generasi yang berfokus pada perekembangan teknologi dan memanfaatkannya. Jasper membahas empat jenis siklus kehidupan kerja yaitu employed, self-employed, big bussiness, dan investor. “Hidup yang sesungguhnya itu baru dimulai umur 30 dan berakhir pada umur 50,” ujarnya. “Jika sampai pada umur 40, kalian ingin membeli barang dan masih berpikir tentang uangnya, kalian masih harus berusaha, belum bebas secara finansial.”

Menurut Jasper, sebagai seorang millenials seharusnya kita bisa berpikir maju dan kreatif bertindak dalam dunia finansial. Jasper menekankan kemampuan memimpin diri sendiri sebelum akhirnya bisa memimpin orang lain. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam kepemimpinan adalah communication skills. Tak hanya bicara secara verbal, komunikasi juga meliputi bahasa non-verbal. Rupanya, ada teknik khusus cara melakukan eye contact, berjabat tangan, dan tersenyum pada rekan kerja.

Setelah Jasper menyampaikan materi serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, giliran Robby membagikan pengalamannya. Di situ, Robby menceritakan apa yang ‘mengusik’ hatinya sehingga ia yang berasal dari keluarga berkecukupan memutuskan untuk berusaha ‘berdiri’ sendiri. Tak lupa, Robby juga menceritakan sosok Jasper yang menginspirasinya. Acara ditutup dengan penyerahan plakat oleh Dion Nathanael, ketua kegiatan, kepada Jasper dan diteruskan doa penutup.

Nah, Sobat GENTA, selalu saja ada sesuatu yang bisa didapat di sebuah seminar karena bukan hanya acaranya yang menarik dan bermanfaat, tetapi juga karena pra pembicaranya ingin para peserta mendapat sesuatu usai seminar. Jadi, jangan lelah terus belajar dan bertumbuh ya!

 

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More