Satic 2019: Sadarkan Masyarakat Akan Media Seni yang Beragam

Fotografer: Sesilia Alexandra Suwargo

Satic 2019: Sadarkan Masyarakat Akan Media Seni yang Beragam

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Satic digelar dalam rangka memberi wadah bagi seniman untuk mempublikasikan karya mereka dan sebagai ajang untuk menyadarkan masyarakat bahwa seni tidak hanya datang dari seni lukis saja.

Satic sendiri merupakan perlombaan seni yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Petra (HIMAVISTRA), Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Petra (HIMASAINTRA), dan Himpunan Mahasiswa Pariwisata Petra (HIMAPATRA). Karya-karya peserta Satic akan dipamerkan di Taman Budaya Jawa Timur, Gedung Cak Durasim, Surabaya pada Sabtu (25/5/2019) sampai dengan Minggu (26/5/2019).

Tahun ini Satic mengangkat tajuk “Indonesia in Arts”. Tema tersebut bertujuan untuk menunjukkan keindahan dan keunikan Indonesia yang dituangkan ke dalam berbagai media seni yang ada. Terdapat dua kategori lomba, yaitu lomba untuk tingkat universitas, dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Satic hadir dengan kategori lomba yang beragam. Pada tingkat universitas terdapat lima cabang lomba, yaitu lomba puisi, cerita pendek, fotografi, panel komik, dan fashion design. Sedangkan, untuk tingkat SMA terdapat tiga cabang lomba, yaitu lomba puisi, cerita pendek, dan fotografi makanan. Pada Sabtu (25/5/2019) pameran seni yang diikuti oleh sekitar 160 peserta lomba dibuka dengan Opening Ceremony. Kemudian pada hari kedua, pengumuman pemenang diambil satu juara dari setiap cabang perlombaan. Selain pengumuman pemenang, terdapat pula Closing Ceremony yang menandakan berakhirnya acara Satic 2019.

Fayola Isabelle Hartanto, selaku ketua acara berharap melalui acara ini masyarakat bisa lebih sadar bahwa seni tidak hanya sebatas seni lukis saja. “Orang-orang bisa melihat juga seni itu sebenernya nggak cuma terbatas hanya seni lukis, cerpen juga seni, puisi juga seni,” ujar mahasiswai Program Studi Sastra Inggris itu.

About the author /


Avatar