Hubungan Baik : Salah Satu Aset yang Paling Berharga

Photo taken by Nikita Limantara

Hubungan Baik : Salah Satu Aset yang Paling Berharga

By: Adella Diastari

Acara bulanan yang diselenggarakan oleh Program Studi International Business Accounting
(IBAcc) dalam kerjasama dengan ACCA (Association of Chartered Certified Accountant) hadir lagi bulan
ini. Bertempat di RK 4, gedung Radius Prawiro lantai 10, seminar kali ini mendatangkan dua narasumber,
yaitu Budi Yudhi Setiawan, ACCA yang merupakan bagian dari Frontier Consulting Group dan Devie, Phd
(Cand), CMA. Seperti sebelumnya pula, acara ini dimoderatori langsung oleh Kepala Program Studi
IBAcc, Josua Tarigan, Phd (Cand), CMA.

Setelah membahas mengenai perekonomian tahun 2016 sebagai topik acara yang sama di bulan
Oktober, topik yang dibahas kali ini adalah “Relation Assets : Accounting Implication and Response”.
Relation asset adalah bagian dari harta suatu perusahaan yang berbentuk hubungan baik dengan segala
pihak yang terlibat dalam bisnisnya. Yep, hal ini tentu bukan hanya hubungan dengan supplier, namun
juga hubungan baik dengan konsumen. Harta dengan jenis ini sangat sulit dinilai harganya, mengingat
bentuknya yang tidak bisa dilihat dan tidak memiliki angka-angka yang melekat.

Dalam presentasinya, Budi menekankan tentang pentingnya mengenali pelanggan sebagai
bagian dari memuaskan mereka. “Misalnya, kalau kalian ke Glodok (daerah pusat perbelanjaan di
Jakarta, red.), harus ngomong Cina, harus bisa baca huruf Cina, kalau enggak, harganya akan jadi sedikit
lebih mahal.”, demikian Budi mencoba menjelaskan pentingnya mengenali budaya pelanggan dalam
suatu bisinis. Budi menutup presentasinya dengan mengatakan, “Customer is the king, don’t lose
them!”.

Presentasi berikutnya dibuka oleh Devie dengan menunjukkan suatu diagram yang menjelaskan
bagaimana bisnis yang tidak berfokus pada konsumen dalam usahanya. Diagram ini seperti lingkaran
yang tidak berkesudahan dan tidak ada hal baik yang terjadi di dalamnya yang bertahan dalam jangka
panjang. Devie menjelaskan beberapa merk-merk terkenal dan bagaimana nilainya dalam angka. Pada
dasarnya, Devie menekankan bahwa, sangat penting untuk memiliki performance yang baik, namun
harus berjalan seiring dengan image perusahaan yang dihasilkan lewat hubungan baik dengan
pelanggan.

Nah, Sobat GENTA, mungkin hal ini tidak benar-benar memiliki hubungan langsung dengan
kalian, terutama yang bukan dari Fakultas Ekonomi. Namun, perlu dicatat bahwa hubungan baik itu
adalah sesuatu yang sangat penting dalam segala bidang. Jadi, binalah hubungan baik dengan siapapun ya.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *