Resapi Semangat Pahlawan Sebagai Teladan Hadapi Masa Depan

Fotografer: William Evan

Resapi Semangat Pahlawan Sebagai Teladan Hadapi Masa Depan

oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Tanggal 10 November merupakan momen bagi Bangsa Indonesia untuk mengingat kembali jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Perjuangan ini tertuang pada aksi heroik dalam pertempuran di Surabaya 73 tahun silam.

Untuk memperingati Hari Pahlawan, Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan upacara bendera pada Sabtu (10/11/2018) di Lapangan Upacara Gedung Radius Prawiro. Upacara ini dihadiri oleh mahasiswa dari Program Studi (prodi) Akuntansi Bisnis, Akuntansi Pajak, International Business Accounting, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, International Program in Digital Media, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, English for Creative Industry, Sastra Inggris, dan Sastra Tionghoa.

Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah Semangat Pahlawan di Dadaku. Tema ini mengandung makna bahwasanya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karena itu, setiap warga negara lndonesia tanpa terkecuali dapat mengabdikan diri agar bermanfaat untuk diri sendiri maupun lingkungan di sekitarnya.

Pada upacara kali ini, terdapat pemberian penghargaan bagi mahasiswa yang memperoleh 10% Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dari setiap prodi. Selain penghargaan, mahasiswa dengan IPK tertinggi dari setiap prodi berhak mendapatkan beasiswa bebas 100% Uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (USPP) selama satu tahun.

Menyampaikan amanat dari Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Mentri Sosial Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku rektor UK Petra sekaligus Inspektur upacara mengajak peserta untuk berkontribusi bagi bangsa ini. “Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Selamat Hari Pahlawan. Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara.

Sobat GENTA, semoga semangat pahlawan senantiasa mengiringi langkah kita!

About the author /


Avatar