Program Studi Teknik Arsitektur Gabungkan Delapan Kegiatan dalam Dies Natalis ke-52

Fotografer: Winnie Tungmiharja & Evandruce Filbert

Program Studi Teknik Arsitektur Gabungkan Delapan Kegitan dalam Dies Natalis ke-52

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Rangkaian panjang kegiatan Dies Natalis Program Studi (prodi) Teknik Arsitektur Universitas Kristen (UK) Petra telah mencapai puncaknya pada Jumat (26/4/2019) lalu. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Dies Natalis Prodi Teknik Arsitektur ke-52 kali ini menggabungkan delapan kegiatan tahunan dari Prodi Arsitektur dalam rangkaian kegiatannya mulai dari Senin (22/4/2019) hingga Jumat (26/4/2019). Mengangkat tema “Return to Zero”, Teknik Arsitektur ingin mengajak peserta kegiatan untuk berpikir mengenai dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan arsitektur.

Kegiatan pertama adalah Architecture Expo yang dilaksanakan di Selasar Gedung P lantai 1 UK Petra. Architechture Expo merupakan pameran yang berisi karya-karya peserta lomba-lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Arstitektur Petra (HIMAARTRA), yaitu Urban Sketch Fair (USF), Geest van de Architectuur (GADA), dan Architecture Festival. Pada hari pertama terdapat talk show “Architecture and Culinary” yang mengundang Amanda Kohar sebagai pembicara. Wanita yang merupakan alumni Teknik Arsitektur UK Petra ini membahas tentang hubungan arsitektur dengan kuliner. Ia juga bercerita mengenai alasan ia memutuskan menjadi food blogger dan tidak melanjutkan pekerjaannya di bidang arsitektur. Sedangkan hari kedua dan ketiga, terdapat kegiatan bedah karya. Pada hari kedua, HIMAARTRA mengundang Paulus Setyabudi untuk berbagi mengenai “housing”. Pada hari ketiga, alumni Teknik Arsitektur UK Petra yang pernah memenangkan Lomba Sayembara Desain Pulau Lanjukang diundang untuk hadir dan berbagi mengenai karya mereka dalam lomba. Pengunjung juga dapat melakukan pre-order majalah SEARCH yang pembuatannya dibawahi oleh departemen komunikasi HIMAARTRA.

Berbarengan dengan Architecture Expo, pada hari pertama dan kedua kegiatan terdapat Architecture Festival. Lomba desain playhouse yang diadakan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) ini diadakan di Gedung P UK Petra. Kegiatan hari pertama berupa rally games yang sekaligus menjadi babak penyisihan. Selama rally games, peserta mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan bahan-bahan untuk membuat maket pada babak final.

Selain itu, Prodi Teknik Arsitektur UK Petra juga mengadakan International Conference on Emphatic Architecture (ICEA). Konferensi internasional yang diadakan di Ruang Audio Visual Gedung Q ini membahas mengenai emphatic architecture. “Jadi kalau dari Petra sendiri itu ingin ngajak buat yang jadi arsitek nanti itu untuk lebih berempati. Nah, empatinya itu bisa dalam lingkungan, sama personality orang, sama kebutuhan orang, sama lingkungan, sama bumi. Jadi arsitek yang tidak merusak, justru malah memberi hal yang positif ke bumi,” ujar Cindy Widjaya, ketua HIMAARTRA, memberi penjelasan mengenai emphatic architecture. Dalam ICEA juga terdapat sesi presentasi sepuluh besar lomba Architecture Festival. Lomba desain tempat untuk anak-anak yang terkena bencana ini merupakan salah satu kegiatan internasional tahunan Prodi Teknik Arsitektur UK Petra.

Pada hari ketiga kegiatan (24/4/2019), Prodi Teknik Arsitektur mengadakan kegiatan Architecture X. Talk show bersama lima orang alumni Teknik Arsitektur UK Petra ini tidak hanya membahas dunia arsitektur saja, tetapi juga fotografi dan fashion. Pada kesempatan kali ini juga terdapat pengumuman pemenang lomba GADA dan USF. Selain itu, terdapat bedah karya para pemenang GADA dan USF.

Puncak kegiatan Dies Natalis Teknik Arsitektur ke-52 ada di hari terakhir. Tepatnya pada kegiatan Culture Night hari Jumat (26/4/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di lantai tiga Gedung Q UK Petra ini terdiri dari persembahan talent show oleh dosen dan mahasiswa, awarding dosen, dan flash mob.

About the author /


Avatar

Scroll Up