Polbangmawa dan Sharing KK WGG 2018: Compassionate Companion

Fotografer : Boby Kristiyanto Wibisono

Polbangmawa dan Sharing KK WGG 2018: Compassionate Companion

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Hai sobat GENTA! Bagaimana liburannya? Menyenangkan atau malah sedang sibuk mempersiapkan semester yang akan datang? Bagi teman-teman kita yang baru saja memasuki dunia perkuliahan tahun ini, beberapa minggu terakhir ini merupakan minggu Welcome Grateful Generation atau yang biasa dikenal sebagai WGG. Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam WGG 2018 juga terdapat kegiatan Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa) dan Sharing Kegiatan Kemahasiswaan (KK). Untuk mengetahui bagaimana jalannya Polbangmawa dan Sharing KK tahun ini, yuk simak ceritanya berikut ini.

Kamis (2/8/2018), terlihat barisan mahasiswa baru Universitas Kristen (UK) Petra sedang berbaris di depan Auditorium Gedung K UK PETRA untuk bersiap mengikuti kegiatan Polbangmawa dan Sharing KK. Tema dari Seminar Polbangmawa dan Sharing KK kali ini adalah “Compassionate Companion.” Tema ini diangkat karena di kehidupan perkuliahan, organisasi-organisasi yang ada diibaratkan sebagai teman untuk membantu kita dalam berproses dalam kehidupan perkuliahan ini.

Acara diawali dengan pemutaran video testimoni yang menceritakan perbedaan kehidupan perkuliahan dengan kehidupan sekolah pada saat SMA. Kemudian Roni Anggoro S.T., M.A.Arch memulai seminarnya. Roni membuka seminar dengan mengatakan bahwa kita sebagai mahasiswa harus serius dalam berkuliah. Mengangkat bacaan 1 Korintus 9:24-27, Roni mengajak mahasiswa untuk bisa menguasai diri dalam berkuliah. Menguasai diri disini artinya bisa melawan godaan-godaan yang menyebabkan mahasiswa tidak serius kuliah. Dalam seminar yang berjudul “Welcome to the Training Ground” ini Roni juga menjelaskan tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Menurutnya, KKNI mengharuskan kita untuk mempunyai sebuah kemampuan yang bisa kita andalkan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kita dituntut untuk aktif dalam kegiatan perkuliahan.

Setelah Seminar Polbangmawa oleh Roni, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Sharing KK. Dalam sesi ini diadakan talkshow dengan tamu perwakilan dari masing-masing Lembaga Kemahasiswaan (LK) di UK Petra. Perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Tim Petra Sinergi, Koperasi Mahasiswa, Majelis Perwakilan Mahasiswa, Pers Mahasiswa, Pelayanan Mahasiswa, dan Discerning datang menjadi tamu talkshow kali ini. Mereka menceritakan alasan mereka memasuki LK mereka dan bagaimana suka duka mereka selama melayani di LK mereka. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan doa penutup.

About the author /


Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More