PIBAC 2019 : Reach The Triumph Of Victory!

  

Fotografer : Winnie Tungmiharja

PIBAC 2019 : Reach The Triumph Of Victory!

Oleh : Patrick Jonathan

Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) International Business Accounting (IBAcc) Universitas Kristen (UK) Petra (Himasintra) mengadakan Petra International Business Accounting Competition (PIBAC) 2019 pada Rabu (24/7/2019) hingga Jumat (26/7/2019). PIBAC sendiri merupakan kompetisi tahunan yang diadakan untuk siswa SMA di bidang akuntansi. PIBAC 2019 mengangkat tema Olympus “Triumph of Victory” yang berasal dari kisah 12 dewa Yunani. Kedua belas dewa tersebut saling bekerja sama untuk mengalahkan musuh, dan diharapkan peserta PIBAC 2019 juga dapat bekerjasama dalam tim untuk memenangkan kompetisi ini. PIBAC 2019 diikuti oleh 32 tim dari  10 SMA di Surabaya.

Ada tiga babak yang dilombakan yaitu Rally Games, Trading, dan Final Presentation. Rally Games berlangsung di East Coast Center (ECC) Surabaya pada Kamis (25/7/2019). Sedangkan Trading dan Final Presentation berlangsung pada Jumat (26/7/2019) di ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 502 UK Petra. Pada babak Trading, setiap tim harus mengumpulkan barang mentah (raw material) untuk membentuk barang jadi (finished good), kemudian barang jadi tersebut dijual ke panitia yang akan berperan sebagai Auction (tempat lelang).

Nantinya dari 32 tim yang berpartisipasi, akan diambil lima tim yang memiliki nilai barang (value) tertinggi. Lima tim tersebut akan menjalani babak final dimana mereka harus menjawab pertanyaan dengan melakukan presentasi. Pertanyaan yang diberikan diambil dari Association of Chartered Certified Accountants (ACCA). Pada babak final ini, para finalis akan dinilai oleh tiga dewan juri yaitu Kepala Prodi IBAcc Josua Tarigan, S.E., MBA.PhD., Kepala Program Akuntansi Bisnis Saarce Elsye Hatane, S.E., MBA., CA., AK., CMA., dan dosen IBAcc Alan Darmasaputra, S.E., MPA. M.Bus..

“Untuk tahun ini kami mencoba inovasi baru dengan mengadakan rally games di luar kampus, karena biasanya PIBAC hanya berlangsung di UK Petra,” ucap Ericka Tanoyo selaku ketua panitia PIBAC 2019. Mahasiswa Prodi IBAcc angkatan 2017 ini berharap agar Prodi IBAcc semakin dikenal banyak orang. “Siapa tahu peserta PIBAC 2019 juga tertarik untuk kuliah di Prodi IBAcc nantinya,” ucap Ericka menambahkan.

About the author /


Avatar