Petra Stock Challenge: Millenial Investor

Fotografer: Boby Kristiyanto W.

Petra Stock Challenge: Millenial Investor

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Himunan Mahasiswa Keuangan Petra (HIMAKETRA) punya kegiatan baru tahun ini. Petra Stock Challenge yang merupakan kompetisi online trading tingkat universitas di seluruh Indonesia memulai babak penyisihannya pada Senin (30/4/2018).

Kegiatan bertema “Millenial Investor” ini terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan berlangsung selama lima hari hingga Jumat (4/5/2018). Pada babak ini, satu tim yang terdiri dari dua orang berkompetisi secara online. Setiap tim menggunakan platform yang disediakan PT RHB Sekuritas untuk melakukan simulasi online trading. Satu tim diberi saldo sebesar 100 juta sebagai modal dari simulasi ini. Dari 77 tim yang mengikuti perlombaan, akan dipilih 20 tim yang berhasil mendapatkan Return of Investment (ROI) tertinggi untuk mengikuti babak final.

Setelah menjalani babak penyisihan, 20 tim yang berhasil mendapatkan ROI tertinggi kemudian mengikuti babak final yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 25 Mei 2018 di Universitas Kristen (UK) Petra. Pada hari pertama babak final, peserta mendapatkan seminar yang dibawakan Berlian Juveny, seorang Vice President of Business Development di PT RHB Sekuritas. Materi yang dibawakan adalah dasar-dasar dari dunia jual beli saham. Setelah mendengarkan seminar, peserta melakukan presentasi di depan para juri.

Pada hari kedua, peserta mengikuti workshop yang diadakan di Ruang AVT.502 bersama Berlian Juveny. Workshop kali ini membahas teknik jual beli saham secara lebih dalam dari seminar pada hari pertama. Tak selesai sampai di situ saja. Setiap tim harus melakukan presentasi studi kasus yang diberikan oleh panitia di depan dewan juri yang berasal dari PT RHB Sekuritas.

Setelah perlombaan panjang, akhirnya juara pertama dimenangkan oleh tim SSCGT dari Universitas Gadjah Mada. Nathaniel Albert sebagai ketua kegiatan berharap, dengan diadakannya kegiatan ini mahasiswa bisa lebih aware dengan saham, bukan hanya sebatas teori melainkan juga dapat melakukan praktiknya.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More