Petra Debate Festival 2017

pdf3

Photographer : Evandruce Filbert

Petra Debate Festival 2017

Oleh : Joana

Jumat (10/11/2017) hingga Sabtu (11/11/2017) sejumlah anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Debate Universitas Kristen Petra (UK Petra) tampak serius mengikuti kompetisi debat Petra Debate Festival (PDF). Kompetisi debat tahunan ini diketuai oleh Titania Dea, kegiatan terbagi dalam tiga babak yaitu babak preliminary pada hari Jumat dan tahap semifinal serta final pada hari Sabtu.

Kegiatan hari pertama dilaksanakan di sejumlah ruang gedung B UK Petra sedangkan hari kedua di ruang P.804a. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan para anggota UKM English Debate serta mengembangkan kemampuan mereka dalam mengemukakan pendapat secara terstruktur.

Babak preliminary  sendiri terbagi menjadi tiga round. Nilai akumulasi dari ketiga round kemudian dijadikan dasar untuk menentukan tiga kelompok terbaik yang berhak untuk maju ke tahap berikutnya pada hari kedua. Kelompok peraih nilai tertinggi di babak preliminary akan secara otomatis lolos ke babak final sementara kelompok di peringkat kedua dan ketiga akan ditandingkan lagi di babak semifinal. Pada babak final, kelompok peringkat pertama akan ditandingkan dengan kelompok yang lolos dari babak semifinal untuk menenentukan pemenang.

Tak hanya seru, kompetesi PDF 2017 kali ini juga sangat bermanfaat bagi para anggota UKM English Debate untuk dapat lebih mengetahui seluk-beluk perlombaan debat, khususnya yang berformat Asian Parliamentary. Para peserta dapat belajar banyak hal melalui kompetisi ini. Pertama, mereka dapat merasakan langsung pengalaman mengikuti lomba debat. Kedua, mereka dapat juga meraup ilmu dari feedback-feedback berharga yang diberikan oleh para juri. Selain juri-juri dari internal UK Petra, ada sejumlah adjudicator dari berbagai kampus ternama lain di Indonesia, beberapa diantaranya yaitu: Mutiara Kasih Ramadhani dari Universitas Airlangga (UNAIR), Landry Dwiyoga dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Christopher Tjia dari Sanata Dharma, serta Aditya Janu dari Universitas Brawijaya (UB).

“Acaranya sudah bagus kok. Semoga tahun depan semakin banyak peserta yang ikut supaya lebih seru!,” ujar Charaqua Vania, salah seorang peserta.

Nah,seru kan sobat GENTA?? Tahun depan ikutan daftar Petra Debate Festival,yuk!!!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *