Petra Civil Expo: Langkah Awal Para Pembangun Bangsa

Fotografer: Natania Wahyuni Tanihardjo

Petra Civil Expo: Langkah Awal Para Pembangun Bangsa

Oleh: Jeffry

Jumat (9/3/2018) Program studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Petra telah mengadakan kegiatan Petra Civil Expo (PCE) yang berlangsung dari pukul 09.00-11.00. Acara itu dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC) yaitu Deyla Sugiono dan Leonardo Santoso yang sama-sama berasal dari prodi Teknik Sipil angkatan 2017. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Daniel Tjandra, selaku ketua program studi (kaprodi) teknik sipil dan Dennis Wijayaselaku ketua panitia yang berasal dari prodi Teknik Sipil angkatan 2016.

PCE merupakan serangkaian kegiatan lomba yang dibagi menjadi tiga bagian besar dengan masing-masing lomba ada di ruangan yang berbeda. Lomba-lomba itu antara lain Bridge CompetitionEarthquake Resistant Design Competition (ERDC), dan Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB).  Lomba-lomba ini memiliki dua tingkatan untuk pesertanya, tingkat universitas dan SMA. Rinciannya, ERDC dan LKTB hanya dibuka untuk universitas, sedangkan Bridge Competition boleh diikuti oleh universitas dan SMA.

Bridge Competition dilaksanakan di ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 502, ERDC dilaksanakan di AVT 503, sedangkan LKTB dilaksanakan di auditorium. Lomba berskala nasional ini dikuti oleh 1100 peserta yang selain mengikuti opening, juga berkesempatan mengikuti Workshop dan Briefing berkaitan dengan lomba dan pengetahuan tentang teknik sipil yang bermanfaat untuk kedepannya. Meskipun acara ini berkaitan dengan pembelajaran dan ilmu yang diajarkan di prodi Teknik Sipil, acara ini sebenarnya tidak keberatan sama sekali untuk menerima mahasiswa dari prodi lain yang ingin mengetahui dan ikut belajar tentang dunia teknik sipil.

“Tahun ini, PCE sudah diikuti oleh peserta dari 9 provinsi dalam lingkup nasional,” ujar Dennis ketika ditanya pendapatnya soal PCE 2018. “Semoga tahun depan, PCE bisa diikuti lebih banyak peserta, lebih banyak provinsi,” Dennis juga berharap jika PCE 2019 akan lebih luas lagi ruang lingkupnya, kalau bisa mencapai internasional.

SOBAT Genta, sudah tahu kan jika ternyata PCE menerima mahasiswa dari seluruh prodi yang ingin belajar atau sekadar tahu dunia perteknik sipilan? Jadi, jangan takut lagi untuk datang ke PCE tahun berikutnya ya!

Tagged with:     ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More