Petra Bel Canto Festival 2: Competition

PBCF2 COMPETITION_EVAND (2)

Fotografer: Evandruce

Petra Bel Canto Festival 2: Competition

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Sabtu (28/10/2017), Program Apresiasi dan Pengembangan Musik Gereja Universitas Kristen (UK) Petra didukung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Choir UK Petra mengadakan kompetisi menyanyikan lagu Bel canto (cara bernyanyi yang mengutamakan keindahan suara dan bukan pada akting dan emosi.). Kompetisi menyanyi ini dilaksanakan di auditorium gedung P2 UK Petra dan diikuti oleh 21 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dari 21 peserta yang mengikuti kompetisi ini, 6 peserta merupakan mahasiswa aktif UK Petra. Petra Bel Canto Festival sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali. Petra Bel Canto Festival kali ini merupakan pelaksanaan yang kedua setelah tahun 2014 lalu.

“Bel Canto adalah sebutan salah satu genre lagu yang biasanya disebut seriosa oleh kebanyakan orang awam. Nama Bel Canto Festival sengaja digunakan untuk membetulkan penggunaan kata seriosa yang sering keliru di Indonesia,” kata Aprilia W. Takasenserang, ketua pantia Petra Bel Canto Festival 2 yang juga merupakan pelatih UKM Choir UK Petra.

Proses penilaian dilakukan oleh ketiga juri dalam pelaksanaan Petra Bel Canto Festival 2 ini, yaitu:  Samuel Cheung Sai MingCatharina Leimena; dan Binu Doddy Sukaman, salah seorang juri yang juga menjadi juri Petra Bel Canto Festival sebelumnya. Dari penilaian para juri,  pemenang kompetisi kali ini yaitu juara pertama diraih oleh Widhawan Aryo Praditha, juara kedua diraih oleh Ignatius Rangga, dan juara ketiga diraih oleh Cynthia Setiawan. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan berkesempatan untuk tampil dalam acara Petra Bel Canto Festival: Recital.

Acara hari ini merupakan acara pertama dari rangkaian acara Petra Bel Canto Festival 2 yaitu kompetisi menyanyi. Acara dilanjutkan dengan acara master class dan recital yang dilaksanakan pada hari Minggu (29/10/2017) ditempat yang sama yaitu auditorium gedung P2 UK Petra.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *