Perempuan Perempatan: Pameran Visual Maria Nala Damajanti

Fotografer : Robin 

Perempuan Perempatan: Pameran Visual Maria Nala Damajanti

Oleh: Robin

“Karena kami, Perempuan Indonesia, Istimewa!,” pembacaan puisi ‘Perempuan Indonesia, Istimewa!’ karya Dewi Aryani oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Rumpun Padi menjadi salah satu rangkaian dalam pembukaan pameran visual /empuan /empatan (Perempuan Perempatan).

Menjelang peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, Kamis (20/4/2018) perpustakaan Universitas Kristen (UK) Petra diramaikan dengan pembukaan pameran visual karya Maria Nala Damajanti, S.Sn., M.Hum. , yang juga merupakan salah satu dosen di Program Studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV). Selain karya-karya Maya, terdapat juga karya seni dari peserta Workshop Arta Therapy. Pameran ini akan berlangsung selama 10 hari hingga 30 April 2018.

Pembukaan dimulai pada pukul 14.00 WIB oleh sambutan Master of Ceremony (MC) Oktavianus Filemon, prodi Ilmu Komunikasi UK Petra 2014. Kemudian, acara berlanjut dengan sebuah monolog dan pembacaan puisi dari UKM Teater Rumpun Padi. Setelah kata sambutan dari Kepala Perpustakaan, Dian Wulandari, SIP. dan Maria Nala Damajanti,pameran resmi dibuka dengan pengecatan simbol perempuan oleh keduanya beserta dosen Sastra Inggris Dra. Josefa Juniarti Mardijono, M.Pd. 

Mengenai alasan pameran ini dibuat, Maria menurutkan,“Ada staff perpustakaan yang menyukai karya saya, kemudian menawarkan kepada saya untuk membuat pameran di perpustakaan.” Maria pun menyanggupi tawaran itu. “Saya ingin mendorong perempuan lain untuk berani berekspresi menuangkan pikirannya, khususnya lewat medium seni,” tuturnya.  “Perempuan Perempatan artinya perempuan sekarang bisa memilih banyak jalan, bukan hanya iya dan tidak, dan juga memiliki masalah dari banyak arah,”tutur Gresiana Gede Wirawati, mahasiswa DKV angkatan 2016 yang merupakan ketua panitia pameran.

Pameran ini merupakan acara kedua dari serangkaian acara yang dilakukan oleh Maya. Yang pertama merupakan Workshop Art Therapy (18 April 2018) , workshop yang mengajarkan peserta untuk berkarya untuk melepaskan stress. Selanjutnya akan ada diskusi dan pemutraran film “Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak” pada tanggal 27 April 2018 pukul 10.30 WIB di perpustakaan UK Petra (Gedung W lantai 5).

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More