Pentingnya Mengelola Uang Sejak Dini

MENGELOLA KEUANGAN_BOB (5)

Fotografer : Boby Kristiyanto W

Pentingnya Mengelola Uang Sejak Dini

Oleh : Clarita Ivonne

Jumat, (27/10/2017) Universitas Kristen (UK) Petra mendapatkan kunjungan dari salah satu bank di Indonesia, Bank Mayapada. Pada kunjungan kali ini, Bank Mayapada hadir untuk memberikan seminar dengan judul “Pentingnya Pengelolaan Keuangan”. Acara bertempat di Ruang Audio Visual Gedung T lantai 5 (AVT502) dihadiri oleh peserta dari berbagai Program Studi (prodi) angkatan 2016 dan angkatan sebelumnya. Ada yang berasal dari Ilmu Komunikasi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Sastra Inggris, dan lain-lain.

Acara dimulai dengan doa yang dipimpin oleh Roni Anggoro, S.T., M.A.Arch. Seusai doa, sambutan pertama disampaikan dari Agus Arianto Toly, S.E.,M.S.A.,Ak., selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi & Keuangan. Menurut Agus, cara mengelola keuangan merupakan hal yang terlihat sepele, terutama bagi mereka yang belum mencari pemasukan sendiri dan selalu mendapatkan pemasukan rutin, misal dari orang tua. Namun, hal ini perlu dikelola sedemikian rupa supaya saat terjadi hal yang diluar rencana, masih ada uang cadangan dari pemasukan sebelumnya.  Seusai sambutan dari Agus, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Hariyono Tjahjarijadi selaku Direktur Utama Bank Mayapada. Hariyono menjelaskan secara singkat mengenai sejarah dari Bank Mayapada, dilanjutkan dengan menjelaskan kondisi perbankan di Indonesia.

Tak lama kemudian edukasi mengenai pengelolaan keuangan pun dimulai. Edukasi kali ini dipimpin oleh perwakilan dari divisi Marketing and Communication Bank Mayapada. Mahasiswa dijelaskan perlahan-lahan mengenai cara untuk mengelola keuangan. Mulai dari alur untuk mengelola hingga cara perhitungannya. Edukasi yang diberikan kali ini tidak terlalu mendalam, bisa dikatakan hal dasar dalam mengatur keuangan. Meski begitu, edukasi yang diberikan kembali mengingatkan mahasiswa untuk tidak menyepelekan pengelolaan uang dan untuk mulai belajar mengelola uang yang mereka terima.

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *