Pameran Desain Anak Muda Surabaya

Desain anak muda sekarang tidak bisa dianggap sebelah mata. Para perancang muda ikut memberi warna dalam industri desain di Indonesia. Karya-karya mereka pun perlu dipamerkan.

Pada 10 sampai 15 Maret 2015 lalu, mall Ciputra World mengadakan sebuah acara dan mengundang beberapa universitas untuk bergabung, diantaranya Universitas Ciputa, Arva, dan Chenny Han. Mengangkat tema “Surabaya Young Designer Spectacles 2015, Ciputra World ingin menginspirasi para perancang muda serta masyarakat untuk tidak meremehkan hasil rancangan anak muda.

Salah satu Program Studi (Prodi) Universitas Kristen (UK) Petra juga mendapat kesempatan untuk menunjukkan bakatnya. Berlangsung di atrium Ciputra World, acara ini berlangsung dengan meriah. Barang-barang furniture hasil rancangan para mahasiswa Prodi Desain Interior tertata rapi di bagian sayap atrium. Berdekatan dengan pameran furniture kita dapat melihat hasil maket-maket terbaik karya mahasiswa UK Petra yang disusun di stand-stand kecil. Tidak hanya pameran, di salah satu panggung megah rancangan mahasiswa UK Petra sendiri, Sobat Genta juga akan dihibur oleh tarian serta alunan musik yang menarik.

Prodi Desain Interior kali ini mendapat kesempatan memamerkan karya mereka selama dua hari, yaitu tanggal 11 dan 14 Maret 2015. Acara hari pertama berlangsung dari pukul 10.00- 22.00 WIB, sedangkan pada hari kedua acara berlangsung dari pukul 10.00-16.00 WIB. Dalam dua hari itu mereka mengangkat tema “Play With Colours. “Ini kan acaranya Ciputra World, kita pilih tema ini sebenernya supaya seimbang sama universitas lainnya yang kebanyakan kayak rural-rural kayak grafiti jadi supaya seimbang kita ambil tema Play With Colour,” ujar Ellena Felicia, selaku Ketua Panitia.

Pada 11 Maret 2015, diadakan lomba membuat mosaik dari chip-chip kecil yang bekerja sama dengan Granito. Selain membuat mosaik, para peserta juga diajak untuk belajar membuatnya lewat autocad. Acara dilanjutkan lewat workshop yang dibawakan oleh pembicara dari Lyra yaitu John Nugroho yang berasal dari Jakarta, serta audisi lima besar AKSI (Akustik, Perkusi Interior). Pada 14 Maret 2015, Sobat Genta akan diajak untuk berkompetisi lagi di lomba Furniture Design Competition yang bekerjasama dengan American Pillow. Di hari tersebut para peserta juga diajak untuk berkeliling pabrik American Pillow untuk mengetahui hasil rancangan yang dibuat untuk massal. Dosen pembimbing dalam acara ini adalah Esa Dora S.Sn,M.Sc.

Acara yang diadakan Prodi Desain Interior ini berjalan sesuai dengan harapan. “Acara kali ini cukup sesuai harapan soalnya mereka juga antusias. Terlihat hasil lombanya kalau mereka tidak asal-asalan, tidak asal kumpul dan mendapatkan serifikat, tetapi mereka mau mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan hasilnya bagus,” ujar Ellena. Acara seperti ini sangat berguna untuk melatih kepercayaan diri para mahasiswa serta alat komunikasi kepada masyarakat bahwa desain di zaman sekarang tidak bisa dianggap sebelah mata. Dengan adanya kreatifitas para generasi muda melalui desain, hasil-hasil rancangannya akan ikut membantu memberi warna pada dunia. (Vina)

About the author /


Pers Mahasiswa Genta

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *