Opening Ceremony AUPF 2018 : Jalin Kerjasama Antar Perguruan Tinggi Asia

Fotografer : William Evan, Jeremy S.K.

Opening Ceremony AUPF 2018 : Jalin Kerjasama Antar Perguruan Tinggi Asia

Oleh : Patrick Jonathan

Rabu (7/11/2018), rangkaian acara 17th Asian University President Forum (AUPF) kembali dilanjutkan. Rombongan peserta tiba di Kampus Timur Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya pada pukul 08.45 WIB untuk mengikuti Opening Ceremony. Tari-tarian dan musik tradisional disuguhkan untuk menyambut datangnya peserta AUPF 2018. Peserta terdiri dari 122 delegasi yang berasal dari 14 negara di benua Asia. Setelah menikmati pertunjukan tari-tarian dan musik tradisional, rombongan disilakan memasuki Auditorium Kampus Timur UK Petra untuk memulai Opening Ceremony AUPF 2018.

Acara dibuka dengan pemutaran video kegiatan AUPF pada tahun-tahun sebelumnya. Kemudian Daniel Budiana, S.Sos., M.A. dan Desi Yoanita, S.Sos. M.Med.Kom. selaku pembawa acara mengajak para hadirin untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sebelum memulai serangkaian opening ceremony, terlebih dahulu dilakukan doa pembukaan yang dipimpin oleh Samuel Soegiarto, M. Th.. Setelah itu, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku Rektor UK Petra maju ke depan untuk memberikan sambutan.

Djwantoro mengatakan bahwa sudah saatnya perguruan tinggi yang ada di Asia menjalin kerjasama demi menyiapkan calon-calon pemimpin berkualitas di masa depan. Nantinya akan ada program-program internasional seperti AUPF 2019, Asian Summer Program (ASP) 2019, dan Asian Faculty Workshop (AFW) 2019 yang dapat diikuti oleh peserta. Djwantoro juga berharap melalui program-program tersebut dapat meningkatkan kapasitas para tenaga pengajar agar mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.  

Tidak ketinggalan, Vice President of Guangdong University of Foreign Studies, Dr. Jiao Fangtai juga ikut memberikan sambutan. Kemudian acara dilanjutkan dengan nyanyian official song AUPF 2018 yang berjudul “Together We Are AUPF” oleh Paduan Suara UK Petra. Selanjutnya, Prof. Ainun Na’im, Ph.D. sebagai Secretary General of the Ministry of Research, Technology, and Higher Education Indonesia maju untuk memberikan sambutan.

Kegiatan Opening Ceremony AUPF 2018 berakhir dengan prosesi pembukaan secara simbolik. Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Dr. Jiao Fangtai, Prof. Ainun Na’im, Ph.D. dan Prof. Mingying Zhuang, Rektor Chao Shan College University, maju dan naik ke atas panggung. Mereka membunyikan kentongan bersama-sama dan secara resmi membuka AUPF 2018.

Nah Sobat GENTA, simak terus kelanjutan dari AUPF 2018 di artikel selanjutnya!

About the author /


Avatar