Mulai Dari Game Kognitif Hingga Presentasi Bisnis Revolusi Industri 4.0

Sumber Foto: Divisi Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi Panitia

Mulai dari Game Kognitif Hingga Presentasi Bisnis Revolusi Industri 4.0

Oleh: Nikita Luisa

Unbounded Universe! 

Tema inilah yang diangkat pada Business Competition (BComp) 2019 yang merupakan kegiatan besutan Program Studi (prodi) International Business Management (IBM). Tema ini mengangkat konsep revolusi industri 4.0. Unbounded sendiri menggambarkan cakupan skills yang tidak terbatas dan perlu dipelajari, sementara universe menggambarkan dunia bisnis yang sangat luas. Kegiatan tahunan Prodi IBM ini merupakan lomba bisnis yang terdiri dari rally game dan presentasi yang diselenggarakan selama empat hari berturut-turut. Bertempat di Universitas Kristen (UK) Petra, Food Junction, dan Ciputra World, acara ini diselenggarakan pada Kamis (7/2/2019) sampai dengan Minggu (10/2/2019).

BComp tahun ini dimulai dengan cognitive games pada hari pertama di ruang Audio Visual Gedung T 501 dan 502, cognitive games sendiri memberikan gambaran kepada peserta masalah-masalah kompleks yang kita alami dalam kehidupan. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, hingga investasi. Pada babak ini, akan terpilih 24 tim yang lolos ke babak mini rally game dan mega rally game di seluruh kota Surabaya dan Food Junction pada hari kedua. 24 tim yang lolos ini akan dibagi menjadi 3 shift dan diharuskan menjawab riddle dari panitia secepat mungkin. Shift pertama akan mendapatkan easy route, sementara shift kedua dan ketiga akan mendapatkan medium dan hard route. Rute-rute inilah yang akan menentukan jumlah uang yang dapat mereka investasikan di mega rally Food Junction.

Mega rally akan mengharuskan peserta untuk menginvestasikan uang yang telah mereka kumpulkan secara cermat pada negara-negara yang akan dijual. Setelahnya, 12 tim dengan perolehan skor tertinggi akan lanjut ke babak berikutnya, yakni babak Prodigy di UK Petra untuk menentukan 7 tim yang akan lolos ke hari ketiga, sementara 12 terendah sisanya akan bermain game Dungeone di Ciputra World yang akan menentukan hanya satu tim untuk lolos ke hari berikutnya.

Pada hari ketiga, delapan tim yang berhasil lolos akan bermain Game Octagon yang akan mengasah skill mereka dalam membagi sumber daya yang mereka miliki. Pada permainan ini, setiap tim harus berlomba-lomba untuk menghasilkan sumber daya terbanyak setiap detiknya. Enam tim dengan akumulasi poin tertinggi akan melaju ke babak final dan akan mempresentasikan ide bisnis mereka sesuai dengan tema BComp 2019, yakni revolusi industri 4.0. SMA Kristen Petra 2 berhasil menempatkan diri mereka sebagai juara pertama dengan hadiah 9 juta rupiah beserta beasiswa untuk masuk Prodi IBM UK Petra, sementara SMAK St. Louis 1 berada di tempat kedua dengan 6 juta rupiah dan beasiswa, kemudian dilanjutkan dengan JAC School di tempat ketiga dengan 3 juta rupiah dan beasiswa.

Tentunya BComp 2019 akan menyisakan kenangan berharga melalui serangkaian games yang mereka buat untuk para peserta. Dengan menekankan kuat konsep revolusi industri 4.0, para peserta akan mendapatkan banyak bekal serta pelajaran berharga yang dapat digunakan di kehidupan ini. Nah, Sobat GENTA, jangan lupa nantikan keseruan BComp 2020 tahun depan, see you!

Tagged with:     , , , , , ,

About the author /


Avatar