Metanoia: Change Our Lives for the Better

INTRO 2k18 bertempat di gedung P704

Fotografer : Sesilia Alexandra & Winnie Tungmiharja

Metanoia: Change Our Lives for the Better

Oleh: Eugenio

Sabtu (08/09/2018), Himpunan Mahasiswa Desain Interior Petra (HIMAINTRA) dan Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Petra (POKJAGUDATRA) mengadakan pelatihan kepanitian untuk mahasiswa baru. Kegiatan bertajuk Initial Training For Organization (INTRO) ini diadakan di gedung Audio Visual Gedung P 703. Rangkaian kegiatan INTRO dibagi menjadi dua hari yaitu Sabtu (8/9/2018) dan (22/9/2018). Tahun ini, HIMAINTRA dan POKJAGUDATRA mengangkat tema “Metanoia”. Dengan diangkatnya tema ini, diharapkan agar setiap peserta dapat belajar dan memiliki hidup yang lebih baik dengan mengikuti kegiatan ini.

Pada hari pertama, para peserta diberikan penjelasan tentang divisi-divisi yang ada dalam kepanitiaan secara umum. Setelah itu, para peserta kemudian diberikan kesempatan untuk mengisi formulir prioritas divisi untuk wawancara. Kemudian peserta dapat mengikuti wawancara untuk menentukan apakah mereka diterima atau tidak. Peserta yang lolos tahap wawancara mendapatkan kesempatan untuk membantu panitia INTRO untuk menyiapkan acara Closing Ceremony.

Puncak acara ini ada pada Closing Ceremony yang dilangsungkan pada hari kedua kegiatan. Sebelum mengikuti Closing Ceremony, peserta dibagi ke dalam kelas-kelas sesuai dengan divisi yang telah mereka pilih. Di dalam kelas, peserta mempresentasikan tugas-tugas yang sudah diberikan di hari sebelumnya dan diberi penjelasan secara khusus tentang job description divisi yang mereka pilih. Selain itu, peserta juga dielaskan bahwa untuk menjadi seorang panitia yang baik bukan tidak cukup hanya dengan skill yang tinggi saja, namun juga harus diimbangi dengan sikap profesionalitas.

Seusai mengikuti kelas, peserta diarahkan untuk mengikuti Closing Ceremony yang dilaksanakan pada sore hari. Dalam Closing Ceremony, peserta diajarkan mengenai cara menjalankan kegiatan di kampus dengan baik dan bagaimana cara membagi waktu untuk perkuliahan dan organisasi. Tidak lupa, juga terdapat pembagian award bagi peserta yang telah mengerjakan tugasnya dengan baik.

Salah seorang peserta INTRO 2018, Sienny Ivanalie, mengaku belajar banyak dalam kegiatan kepanitiaan ini. Menurutnya, mahasiswa baru sebaiknya mempersiapkan diri dalam kepanitiaan dari acara yang ada dahulu agar mendapatkan pengalaman dan skill untuk bekerja di acara yang lebih besar nantinya.

Audrey Soesanto selaku ketua panitia acara INTRO menuturkan kepada peserta kegiatan ini agar mereka tidak takut mencoba dan mengasah kemampuan leadership mereka. Hal ini dimaksudkan agar mereka memiliki mental yang kuat untuk menjalankan kegiatan kepanitiaan maupun kegiatan lain di luar kampus.

Jadi untuk Sobat Genta, tetaplah semangat dalam mengikuti setiap kegiatan yang ada di kampus agar kalian dapat mengasah kemampuan kalian menjadi lebih baik lagi!

About the author /


Avatar

Scroll Up