Menyiapkan Bekal Sebelum Take Off Menuju Kepanitiaan

Bank Panitia Sastra Inggris di ruang 401 A

Fotografer: Theodore Lilin

Menyiapkan Bekal Sebelum Take Off Menuju Kepanitiaan

Oleh: Princessa Nathania

Sabtu (22/9/2018), mahasiswa baru Program Studi (prodi) Sastra Inggris mengikuti kegiatan Bank Panitia (bankpan) Sastra Inggris hari ketiga.  Ruang 401A Gedung B Universitas Kristen (UK) Petra pun dipilih oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris Petra (HIMASAINTRA) sebagai penyelenggara sebagai tempat kegiatan hari ini. Kegiatan yang mengangkat tema “Departure Time” ini diadakan dengan harapan agar mahasiswa baru dapat memahami sistem kepanitiaan di Universitas Kristen (UK) Petra lebih lagi dan sekaligus menyambut kedatangan mahasiswa baru.

Pada hari pertama Sabtu (8/9/2018), peserta diperkenalkan dengan divisi-divisi dalam kepanitiaan dan job description dari divisi-divisi tersebut. Divisi-divisi yang diperkenalkan antara lain acara, publikasi dekorasi dokumentasi, keamanan, perlengkapan, dan sekretariat. Tidak sedikit peserta yang bertanya dengan antusias kepada para pembicara seputar sistem kepanitiaan. Kemudian, acara hari itu ditutup dengan para peserta memilih jadwal wawancara mereka untuk menentukan divisi yang akan mereka ikuti. Pemilihan ini berguna sebagai pedoman agar hari kedua peserta dapat dikelompokkan dengan divisi pilihan mereka.

Kegiatan hari kedua pun tidak kalah serunya. Peserta dibagi ke dalam divisi-divisi yang sudah mereka masuki lewat wawancara sebelumnya. Kemudian, peserta diperkenalkan dan dijelaskan lebih detail mengenai tugas yang dimiliki oleh setiap divisi tersebut. Setelah mendengarkan penjelasan, peserta dikumpulkan lagi kedalam ruangan B.401A untuk menutup rangkaian acara pada hari itu.

Kegiatan hari ketiga meminta peserta untuk membuat sebuah proposal kegiatan. Diawali dengan pembagian peserta menjadi empat kelompok kepanitiaan, setiap kelompok mendapatkan sebuah kegiatan. Kemudian setiap kelompok diberi waktu dua jam untuk membuat proposal untuk kegiatan tersebut. Setelah itu, tiap koordinator divisi kelompok diminta untuk mempresentasikan proposal-proposal mereka. Rencana kegiatan yang dipresentasikan akan diberi saran oleh para juri sebagai pembelajaran bagi peserta dalam membuat kegiatan kedepannya.

Tidak hanya para panitia, para peserta juga tidak kalah antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satunya adalah Maria Olivia dari prodi English for Creative Industry. “Acara ini berguna bagi kita yang belum pernah terjun ke dunia kepanitiaan dan menambah wawasan tentang tugas masing-masing divisi dan dapat merealisasikannya secara langsung”, komentarnya.

Jennisa Mayang Deviani selaku ketua panitia kegiatan berharap dengan adanya acara ini, mahasiswa baru dapat lebih terlibat dalam kepanitiaan yang ada. Mahasiswi prodi English for Creative Industry ini berkata bahwa kepanitiaan hanya bisa dirasakan sewaktu kuliah. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan waktu dengan baik.

About the author /


Avatar