Mengintip Backstage Teater dalam Pertunjukan The Cues

Fotografer: Natasha Amabel

Mengintip Backstage Teater dalam Pertunjukan The Cues

Oleh: Manuela Octaviani

Sobat GENTA sudah pernah tahu backstage sebuah teater? Sebagian besar mungkin belum. Senin (23/9/2019) hingga Sabtu (28/9/2019), Petra Little Theatre (PLT) kembali mengadakan pertunjukan dengan judul “The Cues”. PLT merupakan salah satu program dari program studi (prodi) English For Creative Industry (ECI) Universitas Kristen (UK) Petra. Program ini bertujuan memfasilitasi pembelajaran mahasiswa dalam teater serta penggunaan Bahasa Inggis . Seluruh acara menggunakan Bahasa Inggris dan kali ini PLT memberi akses gratis bagi guru dan siswa SMP-SMA di Surabaya.


“The Cues” yang ditulis oleh Meilinda, S.S., M.A. ini, dipilih sebagai show pertama karena dianggap cocok bagi tim dan penonton baru. “The Cues” menceritakan tentang Lydia Santoso yang dimainkan oleh Angelina Noviani, mahasiswi prodi ECI angkatan 2017. Ia adalah seorang Assistant Stage Manager. Beberapa jam sebelum pertunjukan pertamanya, Lydia mendapat kabar bahwa Stage Manager harus berada di klinik karena sakit. Alhasil Lydia dipaksa untuk memimpin pada hari pembukaan. Ia berusaha keras menjalani semua tantangan yang ada seperti pertengkaran dan properti yang rusak. Beberapa menit sebelum acara datang kabar bahwa ayahnya mengalami serangan jantung. Setelah semua yang telah terjadi, Lydia tetap menjalankan teater tersebut.

“Harapannya, terutama bagi orang-orang yang tidak pernah menonton teater, bisa tahu apa yang dilakukan dalam teater bukan hanya yang di panggung tapi juga belakang panggung, agar bisa lebih menghargai sebuah teater,” ucap Maria Kristina Salelatu selaku sutradara “The Cues”. Mahasiswa prodi ECI angkatan 2015 ini juga menjelaskan bahwa tidak mudah baginya menjadi sutradara, apalagi menjelang masa wisudanya. “Selain itu kita juga ingin supaya anak muda lebih meyukai live performance, karena lebih menyenangkan dengan tantangan dan perasaan yang dilihat secara langsung,” tutur Maria menambahkan.

Bagaimana Sobat GENTA? Tertarik untuk menonton pertunjukkan teater? Nantikan pertunjukan PLT selanjutnya ya!

Tagged with:     , ,

About the author /


Avatar