Memandu Tak Hanya Sekadar Memberikan Materi

Fotografer: Divisi Publikasi, Dekorasi, Dokumentasi

Memandu Tak Hanya Sekadar Memberikan Materi

Oleh: Eugenio

Hai Sobat GENTA! Calon pendamping mahasiswa baru dalam Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar (LKMM-TD) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan fasilitator, ternyata juga harus menjalankan simulasi sebelum mendampingi mahasiswa baru di LKMM-TD, lho.

Dimulai pada Kamis (18/10/2018), Camp Fasilitator kembali diadakan oleh Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA). Camp yang diadakan di Puncak Ayanna Hotel & Resort Trawas ini bertujuan untuk membekali fasilitator agar dapat menjadi pemandu yang baik dan benar. Mengangkat tema “Planting the Seeds of Leadership”, materi yang diperoleh peserta selama camp dipersiapkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan ibadah yang dilaksanakan di Universitas Kristen (UK) Petra. Kemudian dimulailah perjalanan menuju Puncak Ayanna Hotel & Resort Trawas. Sesi pertama yang didapatkan peserta sesampainya di sana adalah sesi dari Roni Anggoro, S.T., M.A., dosen program studi arsitektur, dan Dra. Lanny Herawati, ketua Pusat Konseling dan Pengembangan Pribadi (PKPP), yang menjelaskan kriteria dan cara untuk memandu dengan baik.

Setelah mendapatkan materi, peserta melakukan simulasi pembuatan modul pada Jumat (19/10/2018). Modul ini berisi materi yang akan disampaikan oleh fasilitator dan dipresentasikan oleh masing-masing kelompok. Simulasi pun kembali dilanjutkan hingga berakhir pada Sabtu (20/10/2018). Pada hari terakhir Camp Fasilitator, para peserta mendapatkan evaluasi dan umpan balik dari simulasi yang sudah mereka laksanakan.

Samuel Njoo, selaku ketua panitia Camp Fasilitator 2018, mengharapkan agar calon fasilitator dapat menumbuhkan benih-benih leadership pada mahasiswa baru. “Bukan hanya menjelaskan materi, namun calon fasilitator harus benar-benar menuntun dan memandu maba (mahasiswa baru, red.) untuk dapat mengembangkan potensi leadership mereka,” ujar Samuel.

Untuk para calon fasilitator jangan lupa untuk tetap semangat dalam menumbuhkan potensi leadership peserta!

Bagi Sobat GENTA yang akan mengikuti LKMM-TD tetap semangat dan selamat berproses!

About the author /


Avatar

Scroll Up