Melihat Kehidupan Mahasiswa Teknik Sipil melalui Petra Civil Expo

Fotografer: Winnie Tungmiharja

Melihat Kehidupan Mahasiswa Teknik Sipil melalui Petra Civil Expo

Oleh: Clarita Ivone R.

Petra Civil Expo atau yang lebih dikenal dengan sebutan PCE merupakan serangkaian lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Petra (HIMASITRA). Dimulai pada Jumat (8/3/2019), rangkaian kegiatan PCE berakhir pada Minggu (12/5/2019).

Terdapat tiga lomba yang dinaungi oleh PCE yaitu; Bridge Competition (BC), lomba tingkat SMA dan Universitas dalam membuat struktur jembatan yang kuat dan efisien; Earthquake Resistant Design Competition (ERDC), lomba membuat struktur bangunan tahan gempa tingkat universitas; dan Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB), lomba membuat beton ramah lingkungan antar mahasiswa yang tidak sekadar melihat efisiensi namun juga kekuatannya. Ketiganya merupakan lomba berskala nasional yang menghadirkan peserta dari minimal lima provinsi di Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi dan Riau.

Puncak dari ketiga lomba tersebut diselenggarakan di Chameleon Hall, Tunjungan Plaza 6 mulai dari Jumat (10/5/2019) hingga Minggu (12/5/2019). Pada Jumat dan Sabtu, terdapat pembuatan on the spot dari BC dan ERDC dan presentasi dari ketiga lomba. Peserta yang lolos ke babak final berdasarkan akumulasi nilai selama proses perlombaan akan diumumkan pada hari Minggu (12/5/2019). Beberapa dosen UK Petra seperti Jimmy Chandra, S.T., M.Eng., Ph.D.Pamuda Pudjisuryadi, M.Eng., serta perwakilan dari PT. Sika Indonesia selaku partner sponsor hadir sebagai juri dari serangkaian perlombaan ini.

Mempersiapkan serangkaian acara selama berbulan-bulan tidaklah mudah, pasti ada hal yang mengesankan selama proses berlangsung. Florentcia Hartono, yang dipercaya sebagai Ketua PCE 2019, telah mempersiapkan serangkaian perlombaan ini bersama dengan kurang lebih 150 rekan lainnya. Ia mengaku memiliki panitia yang sigap dalam membantu keberlangsungan acara ini. Salah satu kejadian yang unik adalah kala lokasi tempat diadakannya acara sempat berulang kali mati lampu, padahal para peserta sedang melakukan presentasi. “Untung aku punya panitia hebat, sangat-sangat hebat, mereka punya plan A, plan B dan langsung memikirkan tindakan apa yang harus diambil,” katanya saat menceritakan kejadian tersebut.

Nah, itulah gambaran singkat mengenai PCE 2019. Bagaimana pendapat Sobat GENTA? Nantikan keseruan berikutnya di PCE 2020!

About the author /


Avatar