Mahasiswa Juga Bisa Berbisnis Lewat Koperasi!

Sabtu, (15/9) Open Ceremonial dengan tema “Business by Cooperative” berlangsung di Auditorium Universitas Kristen Petra.

Fotografer: Winnie Tungmiharja

Mahasiswa juga Bisa Berbisnis Lewat Koperasi!

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Mungkin bagi beberapa dari kita, koperasi merupakan hal yang jarang kita dengar atau manfaatkan. Bahkan, mungkin untuk berbisnis lewat koperasi tidak pernah terpikirkan. Koperasi Mahasiwa Universitas Kristen (UK) Petra mengajak kita untuk berpikir sebaliknya.

Sabtu (15/9/2018), Koperasi Mahasiswa (KOPMA) UK Petra mengadakan seminar tahunan mereka. Seminar yang diadakan di Auditorium Kampus Pusat ini mengundang Nurul Fadhilah, S.H. sebagai pembicara. Mengangkat tema “Business by Cooperative”, seminar ini mengajarkan kepada para pesertanya untuk mengenal bisnis koperasi lebih dalam lagi. “Kalau meneruskan usaha orang tua, itu ‘kan hal yang biasa. Aku mau mengajarkan bahwa mahasiswa juga bisa berbisnis melalui koperasi,” ujar Desy Delvina Wijaya, ketua kegiatan Seminar KOPMA.

Dalam seminarnya, Nurul menjelaskan mengenai pentingnya keberadaan anggota koperasi. Staff Koperasi Kota Surabaya tersebut menekankan bahwa koperasi ada karena anggota. Para anggota koperasi sangat berperan dalam kemajuan dan perkembangan koperasi. Selain itu, Nurul juga menjelaskan syarat-syarat menjadi anggota koperasi, cara memilih anggota koperasi yang baik, dan juga bagaimana menghitung sisa hasil usaha koperasi.

Selain merupakan kegiatan tahunan, seminar kali ini juga sekaligus merupakan kegiatan opening yang wajib diikuti oleh anggota pasif baru KOPMA. Dalam acara ini, para anggota baru menyaksikan video perkenalan anggota aktif KOPMA. Selain itu, pada kesempatan kali ini Daniel Indra Wijaya selaku Ketua KOPMA periode 2018/2019 juga memberikan sambutan bagi para anggota baru.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para fungsionaris pasif mendapatkan kartu anggota. Dengan menggunakan kartu ini, para anggota pasif bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari berbelanja di KOPMA UK Petra. Desy sebagai ketua kegiatan berharap bahwa dengan adanya seminar ini, peserta dapat mengenal koperasi dengan lebih baik. Tak hanya itu, Desy juga berharap agar ada mahasiswa yang bisa berbisnis dengan koperasi. “Di Indonesia jumlah koperasi masih sedikit. Aku berharap agar mahasiswa bisa membuka bisnis di bidang koperasi,” ujar mahasiswi program studi Manajemen Keuangan itu.

Bagaimana, Sobat GENTA? Siap berkecimpung di dunia bisnis bersama KOPMA UK Petra?

About the author /


Avatar