LKMM-TD 2015, Berbuah dan Berdampak? Yes, We Can !

Memasuki awal semester genap, kali ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan sebuah acara besar yaitu Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar yang ke 25 (LKMM-TD XXV). Acara ini berbeda dari tahun sebelumnya, mengapa demikian? Pada tahun sebelumnya acara ini tidak bersifat wajib dan hanya bagi mereka yang berminat untuk ikut acara ini. LKMM-TD XXV ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2014. Acara berlangsung selama delapan hari dan dibagi menjadi dua shift. Shift pertama dimulai tanggal 30-31 Januari 2015 dilanjutkan tanggal 2-3 Februari 2015, lalu shift dua pada tanggal 4-7 Februari 2015.

Opening LKMM-TD XXV shift pertama diadakan pada tanggal 30 Januari 2015 pukul 08.00 bertempat di Auditorium UK Petra. Keseluruhan tema LKMM-TD XXV adalah “Excellent Seeds. Sub tema yang diambil pada saat opening adalah “Golden Buds. Opening LKMM-TD XXV juga dibuka dengan ibadah singkat yang disampaikan oleh Ibu Magdalena Pranata Santoso. Dia memaparkan bahwa meski meski kita masih menjadi Buds (baca: kuncup bunga) yang biasanya dianggap remeh, tapi kita bisa bertumbuh menjadi sesuatu yang indah dan berdampak bagi orang lain.

Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia yaitu Christian Pranata Halim yang berpesan bahwa dengan adanya acara ini selama empat hari ke depan mahasiswa UK Petra dapat berproses menjadi bibit-bibit unggul yang siap dibangun karena kita semua bukanlah produk gagal. Dia juga menyampaikan bahwa selama acara ini berlangsung mahasiswa akan diajari bagaiman membuat proposal sebuah acara yang baik. Nantinya dari seluruh proposal yang terkumpul akan dipilih 12 finalis dan hanya satu juara yang mendapatkan SKKK pengabdian masyarakat sebanyak dua poin, serta dipastikan lulus camp Program Studi (Prodi). Selain itu proposal acara peserta akan direalisasikan bersama BEM.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh ketua BEM UK Petra yaitu Carolina Halim. Dia menyampaikan, meski acara ini adalah acara wajib, jangan sampai mahasiswa mengikutinya dengan setengah hati, karena persiapan acara inipun cukup panjang. Pembentukan panitia telah dimulai sejak Agustus 2014, jadi jangan sampai para peserta datang karena terpaksa. “Orang hebat lahir bukan dari kesenangan dan kelimpahan, namun lahir melalui masa kesukaran.” Ini pesan yang disampaikan olehnya. Para peserta diharapkan dapat menjadi bibit yang mau ditanam, dipupuk, disiram dan bertumbuh lebat.

Prakata terkahir disampaikan oleh Bapak Ir. Frederik Jones Syaranamual M.Eng yang berpesan, bahwa melalui acara ini akan lahir seorang pemimpin yang berjiwa pelayan. Acara dilanjutkan dengan pembukaan resmi LKMM-TD XXV oleh Hari, Carolina dan Pak Jones dengan membuka pita yang mengikat sebuah biji yang kemudian tumbuh menjadi bibit kecil yang indah.

Hal penting lainnya adalah bahwa LKMM-TD merupakan syarat utama untuk masuk dalam lembaga organisasi di UK Petra seperti MPM, BEM dan HIMA. Buat Sobat GENTA yang ingin aktif dalam kegiatan organisasi, acara ini tentu akan sangat berguna untuk melatih skill dasar Sobat GENTA sebelum terjun langsung ke lapangan. Selamat berproses. (Taya)

About the author /


Pers Mahasiswa Genta

1 Comment

  1. cheap ray bans

    Saved as a favorite, І like your web site!

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More